Find Us On Social Media :

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Sakit?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 5 Oktober 2011 | 10:00 WIB

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Sakit?

Intisari-Online.com – Siapapun pasti pernah sakit. Penyakit ringan, seperti pusing, bersin, dan sakit tenggorokan, bisa menjadi parah jika tidak ditangani dengan benar. Lamanya setiap penyakit ringan biasanya hanya sekitar tujuh hari, namun bisa juga lebih lama.

Apa yang harus dilakukan untuk meredakan rasa sakit, berikut ini tips yang dikutip oleh Shine.

  1. Makan dengan benarAsupan makanan yang tepat akan mempercepat pemulihan. Makanan juga meningkatkan energi yang biasanya lemah ketika sakit. Perhatikan juga asupan protein, antioksidan, seng, dan vitamin, khususnya vitamin C, dalam makanan untuk pemulihan kesehatan.
  2. Santai dan banyak istirahatTidak cukup tidur bisa menjadi penyebab dimulainya penyakit Anda. Istirahat sangat penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh memulihkan yang sakit. Istirahat tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk jiwa.
  3. OlahragaLihat dulu kondisi kesehatan. Jika Anda tidak perlu istirahat di tempat tidur, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.
  4. Minum banyak airIni sangat baik untuk menjauhkan diri dari dehidrasi. Dan lebih baik lagi jika orang yang sakit pun mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh.

Bila keempat hal tersebut kita lakukan dengan baik, niscaya kesehatan Anda akan segera pulih dalam beberapa hari tanpa minum obat.