Find Us On Social Media :

Begadang = Jet Lag!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 31 Oktober 2011 | 16:17 WIB

Begadang = Jet Lag!

Intisari-Online.com – Orang yang suka begadang dengan lampu masih menyala dapat menyebabkan kerusakan pada jam biologis tubuh.

Ilmuwan Australia menemukan bahwa tidur larut malam dengan lampu menyala terang dapat menyebabkan jam biologis tubuh atau ritme sirkadian tubuh menjadi kacau, sehingga sulit untuk mengimbangi kegiatan yang dimulai dari jam 9.00 sampai 17.00. “Orang yang suka begadang sering merasa sulit untuk tidur dan tidak segar keesokan harinya. Efeknya sama seperti jet lag,” kata Profesor Helen Burgess dari Rush University Medical Center di Chicago, seperti dilaporkan oleh NineMSN.

Prof. Burgess melakukan penelitian pada 10 orang. Para responden diminta untuk mengawali tidur pada pukul 22.00 dan bangun pukul 07.00 selama seminggu. Setelah terjaga, mereka diminta untuk pergi ke luar rumah selama 10 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Responden kemudian diminta lagi untuk mulai tidur pukul 01.00 dan bangun pukul 07.00 selama satu minggu sehingga mereka merasa lelah di siang hari. Pada studi kedua, responden diperbolehkan tidur siang untuk meringankan rasa lelah mereka.

Ternyata temuan itu sama saja. Ketika responden terkena cahaya saat bangun larut malam, mereka cenderung sulit tidur dan merasa kurang fit keesokan harinya. “Pergeseran jam biologis tubuh untuk tidur terlambat berarti tidak tidur pada jam sirkadian terbaik. Begadang di malam hari dengan semua lampu menyala akan mengirimkan sinyal seperti selama siang hari ke jam biologisnya,” katanya.

Ia menambahkan jika seseorang kemudian mematikan lampu ketika mereka tidur, akan menyebabkan tubuh menjadi lebih rileks dan irama sirkadian menyesuaikan. Prog. Burgess menegaskan bahwa paparan cahaya di malam hari memiliki peran yang sama penting dalam mengatur jam tubuh yang disebabkan oleh paparan sinar matahari pagi. Para ilmuwan yakin bahwa cahaya pagi membantu mereset otak setiap hari dan mengatur pekerjaan untuk mempertahankan fungsi hormon tubuh, termasuk makan dan tidur.

Ia kemudian menjelaskan bahwa rahasia menjaga jam tubuh tetap terorganisir dan menghindari tidak fit di pagi hari adalah mematikan atau meredupkan lampu di malam hari dan mengatur waktu tidur Anda. “Dan jika Anda harus bekerja lembur di akhir pekan, cahaya pagi sangat baik bagi tubuh Anda, maka berjemurlah di pagi hari,” pungkasnya.