Find Us On Social Media :

Mengenal Lebih Dekat Diabetes

By Agus Surono, Minggu, 5 Februari 2012 | 14:00 WIB

Mengenal Lebih Dekat Diabetes

Intisari-Online.com - Tanya: Ayah dan ibu saya mengidap diabetes. Sebagai anak, saya punya kekhawatiran juga akan menderita penyakit ini. Bagaimana cara mencegahnya?

Jawab: Memang, keluarga diabetes akan menurunkan anak-anak diabetes juga. Diabetes atau kencing manis terjadi jika pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin atau ketika sel-sel tubuh menjadi tidak responsif terhadap efek insulin.

Biasanya, ketika kita makan, partikel-partikel makanan gula diserap ke dalam aliran darah dari usus kecil. Sel-sel yang membentuk otot dan organ membutuhkan gula untuk energi. Tapi gula tidak bisa memasuki sel tanpa bantuan insulin.

Pada saat gula memasuki aliran darah, secara bersamaan pankreas mengeluarkan insulin masuk ke dalam darah. Dengan bantuan insulin, gula bisa memasuki sel-sel tubuh. Dengan demikian, jumlah gula dalam darah akan berkurang. Tapi, tanpa insulin gula akan tetap berada dalam darah dan tidak bisa memasuki sel yang membutuhkannya.

Ada dua macam penyakit diabetes: (1) diabetes tipe 1 yang penderitanya tergantung insulin karena kadar insulinnya rendah, (2) diabetes tipe 2, penderitanya tak tergantung insulin karena kadar insulinnya normal.

Diabetes tipe 1 muncul di saat penderita belum berusia 30 tahun. Ini disebabkan oleh kurangnya jumlah insulin yang diproduksi pankreas. Untuk itu, penderita setiap hari harus mendapatkan suntikan insulin selama hidupnya. Gejala diabetes tipe 1 biasanya muncul secara tiba-tiba seperti haus dan lapar luar biasa, sering buang air kecil, berat badan turun tanpa sebab, lemas, dan lelah.

Sedangkan diabetes tipe 2 muncul setelah penderita dewasa, biasanya di atas usia 40 tahun dan umumnya bertubuh gemuk. Penyebab diabetes ini lebih karena tubuh tidak merespon secara wajar insulin yang dibuat.

Cara Mengatasi: