Find Us On Social Media :

Aktivitas Fisik Tingkatkan Prestasi Akademik

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 22 Februari 2012 | 11:05 WIB

Aktivitas Fisik Tingkatkan Prestasi Akademik

Intisari-Online.com – Ingin anak-anak Anda cerdas? Jangan cuma menyuruh mereka duduk dan membaca sepanjang waktu. Mulai sekarang, buatlah mereka berolahraga bersama, secara kelompok mungkin akan lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan, aktivitas fisik dapat meningkatkan prestasi akademik anak-anak dan remaja. Seperti dilaporkan Daily Mail, para ilmuwan dari Belanda mengumpulkan data dari 14 sekolah dengan jumlah responden 12 - 53 ribu anak berusia 6 – 18 tahun.

“Menurut hasil penelitian, kita menemukan bukti kuat hubungan positif aktivitas fisik dengan peningkatan akademis anak,” kata penulis penelitian Dr. Amika Sing dari Universitas Vrije di Amsterdam, dalam arsip jurnal Paediatrics & Adolescent Medicine.

Menurutnya, aktivitas fisik membantu kemampuan mental untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga stres berkurang dan suasana hati pun membaik. Olahraga juga meningkatkan faktor pertumbuhan yang membantu menghasilkan sel saraf baru dan membantu menghubungkan kembali neuron.

Karena tidak banyak penelitian dengan kualitas metodologi tinggi yang menghubungkan antara aktivitas fisik dengan prestasi akademis, “Diperlukan penelitian lanjutan untuk melihat seberapa banyak aktivitas yang bisa mempengaruhi prestasi akademik; dan untuk hal ini membutuhkan instrumen pengukuran yang valid dan diakui,” jelasnya.