Find Us On Social Media :

Cukup Tidur Membantu Menurunkan Berat Badan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 22 Februari 2012 | 16:00 WIB

Cukup Tidur Membantu Menurunkan Berat Badan

Intisari-Online.com – Anda bingung mengapa berat badan Anda enggan turun. , yang terbaik sebenarnya tidak merasa stres. Tidur 6 – 8 jam sehari. Ini adalah temuan terbaru dari sekelompok peneliti dari Kaiser Permante, Oregon, Amerika Serikat. Mereka menemukan, orang dengan tingkat stres rendah, cukup istirahat, dan tidur 6 – 8 jam sehari, cenderung menurunkan berat badan sampai 3,7 kg.

Peneliti melibatkan hampir 500 peserta dalam penelitian. Faktor-faktor yang diukur adalah bagaimana tidurnya, tingkat stres, depresi, durasi menonton televisi, dan seberapa lama di depan komputer yang berkorelasi dengan penurunan berat badan.

Sejumlah penelitian yang dilakukan sebelumnya menemukan hubungan asosiasi antara faktor-faktor tersebut dengan obesitas. Tapi sangat sedikit yang memfokuskan pada apakah faktor-faktor ini bisa memprediksi penurunan berat badan. “Penelitian ini menemukan, ketika orang mencoba menurunkan berat badan, mereka harus mencoba untuk mencapai durasi yang tepat untuk tidur dan mengurangi tingkat stres,” kata kepala peneliti, Charles Elder.

Ia juga mengatakan, temuan mereka mungkin tidak berlaku untuk semua orang yang berupaya menurunkan berat badan. “Beberapa orang mungkin perlu memangkas kegiatan mereka dan tidur lebih awal. Tetapi yang lain mungkin menemukan, olahraga bisa mengurangi stres dan membantu mereka tidur,” katanya lagi tentang penelitian yang akan diterbitkan dalam International Journal of Obesity.

Sementara pada beberapa orang lain, teknik keterpusatan pikiran dan tubuh seperti meditasi, perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan.