Find Us On Social Media :

15 Menit = 3 Tahun

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 24 Februari 2012 | 16:00 WIB

15 Menit = 3 Tahun

Intisari-Online.com – Kebanyakan orang berpikir, olahraga hanya bermanfaat bagi kesehatan jika memenuhi standar yang dianjurkan yaitu 30 menit sehari dan lima hari seminggu. Namun, para ilmuwan Taiwan mengatakan, berolahraga 15 menit setiap hari, bisa memperpanjang umur 3 tahun.

Sediakan waktu untuk berolahraga seperti jalan cepat selama 15 menit sehari, yang bisa memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan kita, demikian kata Pang Chi Wen, peneliti utama dari Taiwan National Health Research Institutes.

“Hal ini bermanfaat bagi siapa saja, pria, wanita, perokok muda dan tua, orang sehat dan tidak sehat, dokter dan pasien,” kata Wen, seperti dikutip Associated Press.

Temuan mereka, yang dipublikasikan di The Lancet Medical Journal, melibatkan lebih dari 416.000 responden dengan usia 13 tahun ke atas. Tim ini menganalisa aktivitas fisik dan catatan kesehatan setiap tahunnya.

Setelah memperhitungkan perbedaan usia, berat badan, jenis kelamin, dan berbagai indikator yang berhubungan dengan kesehatan, para ilmuwan menemukan, olahraga ringan selama 15 menit sehari bisa meningkatkan harapan hidup hingga tiga tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Latihan rutin harian, juga dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah dan mengurangi kematian akibat kanker pada 1 dari 10 orang. “Cepat atau lambat, kita akan mati. Tetapi orang-orang yang aktif, tingkat kematian dari kanker akan lebih rendah,” kata Wen.

Harapannya, olahraga menjadi lebih menarik bagi orang yang tidak aktif. Mengalokasikan waktu selama 15 menit tentunya tidaklah terlalu sulit.