Find Us On Social Media :

3 Cara Cepat Kurangi Nyeri

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 Maret 2012 | 12:00 WIB

3 Cara Cepat Kurangi Nyeri

Intisari-Online.com – Nyeri bisa disebabkan banyak hal, mulai dari fisik hingga gangguan psikologis. Apapun penyebabnya, kita pasti ingin rasa sakit itu segera hilang atau setidaknya berkurang.

Jacob Teitelbaum, MD, penulis Real Cause, Real Cure, mengungkapkan bagaimana menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Berikut ini tiga tips yang cukup mudah dilakukan dan menjadi ‘obat’ yang cukup efektif sebagai pereda nyeri.

  1. Pijat

    Menurut dr. Teitelbaum, nyeri otot adalah rasa sakit yang paling sering terjadi. Jika merasa kaku dan nyeri di sekitar otot-otot kita, cobalah menekan otot-otot dengan lembut dan memberikan pijatan selama sekitar 45 detik.

    “Tekan sampai ada warna putih pada jari-jari dan tahan hingga 45 detik. Pada awalnya akan terasa sakit, tapi metode ini untuk meningkatkan aliran energi membuat otot lebih rileks dan mengurangi rasa sakit,” jelas dr. Teitelbaum.

    Jika rasa sakit muncul pada area tubuh yang sulit dijangkau, seperti punggung, bahu, atau leher, gunakan bola tenis. Berbaringlah di lantai, tempatkan bola di tengah rasa sakit dan gerakkan tubuh, rasakan tekanan bola di punggung. Lakukan selama sekitar 1 – 5 menit.

  2. Mendengarkan musik

    Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi intensitas rasa sakit pada orang yang mengalami sakit punggung kronis. Ini adalah hasil dari penelitian ilmuwan Prancis. Penelitian lain menemukan, hampir setengah dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit mengalami berkurangnya rasa nyeri hingga 50%.

    “Dengarkan musik favorit Anda, fokus pada ritme dari lagu yang menyenangkan dan bukan pada rasa sakit. Ini akan membantu Anda untuk tidak benar-benar merasakan sakit,” kata dr. Teitalbaum.

  3. Minyak atau gel

    Sedikit gel hangat, salep, atau minyak hangat dikenal bisa membantu meningkatkan aliran darah di area tubuh yang dioleskan. Kandungan mentol dan sensor kapur barus juga dapat membantu mencegah rasa sakit, sehingga Anda tidak benar-benar merasakannya.