Find Us On Social Media :

Cara Mudah Meningkatkan Memori Otak

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 5 Mei 2012 | 07:25 WIB

Cara Mudah Meningkatkan Memori Otak

Intisari-Online.com – Kadang-kadang kita merasa tidak ada masalah dengan memori otak kita, karena kita masih misalnya hafal semua lirik lagu-lagu tahun 90-an. Kita mungkin masih bisa bernyanyi dengan baik, tetapi masih ingatkah kita akan nama seseorang yang kita temui beberapa tahun lalu, atau ingatkah janji kita dengan klien pada hari ini yang sudah dijadwalkan minggu lalu? Kita sering berhenti sejenak untuk mengingat nomor pin ATM saat menarik uang dari mesin itu. Atau yang paling sepele, lupa ditaruh di mana kacamata kita.

Menurut Gary Small, MD, direktur Memory & Aging Research Center di UCLA, kemajuan teknologi dapat dimasukkan sebagai salah satu faktor yang merusak sehingga ingatan kita kurang terlatih. Dengan hanya mencatat semua data di ponsel, dengan mengklik tombol mencari data, selesailah. Untuk melatih memori otak kembali bekerja, kita hanya perlu kegiatan yang membutuhkan perhatian dan konsentrasi.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih memori, seperti dikutip dari goodhousekeeping.

Peter Snyder, Ph.D., profesor ilmu saraf klinis di Warren Alpert Fakultas Kedokteran Universitas Brown menjelaskan, sel-sel baru akan membangun cadangan kognitif yang penting untuk menciptakan kenangan baru dan untuk melindungi memori lama.