Find Us On Social Media :

Pijat untuk Mengalahkan Stres

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 15 Agustus 2012 | 16:43 WIB

Pijat untuk Mengalahkan Stres

Intisari-Online.com – Pijat adalah salah satu cara menghilangkan stres yang cukup menarik bagi warga perkotaan. Tekanan lembut pada tubuh tidak mampu untuk membuat tubuh dan pikiran mereka bersantai karena mereka cenderung memiliki tingkat stres tinggi.

Ada banyak variasi pijat. Salah satunya adalah pijat Emotional Freedom Technique (EFT). Teknik pijat ini menggabungkan akupresur cina kuno dengan psikologi modern.

Berdasarkan hasil penelitian, pijat efektif dalam menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh dan mengirimkan sinyal ke obat penenang untuk menekan efek negatif dari stres, seperti dilansir oleh Women’s Health.

Melakukan pijatan ini secara teratur juga membuat sirkulasi darah membaik, kualitas tidur lebih baik, otot-otot dan sendi lebih rileks, dan sistem kekebalan tubuh meningkat. “Seperti halnya meningkatkan fokus dan kesehatan mental,” kata Jessica Ortner, produser film dokumenter tentang perkembangan pijat.

Mulailah dengan mata tertutup. Bayangkan suasana santai. Gunakan ujung telunjuk dan jari tengah untuk titik-titik tekanan pijat saat menguatkan diri dan disarankan lakukan tiga kali. Sebutkan kata sebagai berikut, “Meskipun saya memiliki masalah ini (sebutkan masalah), saya menerima diri saya.”

Titik pijat untuk menghilangkan stres: sisi tangan, dekat alis ujung tulang hidung, tulang rongga tepi mata, bagian bawah mata, bagian bawah hidung, dagu, leher bagian bawah, dan kepala.

Lakukan hal yang sama dengan tiga kali tekanan untuk setiap titik. Setelah semua titik dirangsang, sesi pijat ditutup dengan napas mendesah perlahan. Ulangi bila perlu untuk merasa santai.

Selamat mencoba.