Find Us On Social Media :

Beraktivitas dan Berolahraga Sama Baiknya

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 14 September 2012 | 11:00 WIB

Beraktivitas dan Berolahraga Sama Baiknya

Intisari-Online.com – Istilah aktivitas fisik dan olahraga sering kali dianggap sama, padahal pengertian kedua kata itu sebenarnya berbeda. Aktivitas fisik mengacu pada setiap gerakan tubuh yang membakar kalori, misalnya memotong rumput, naik tangga, membereskan tempat tidur, atau membawa anjing berjalan-jalan.

Sedangkan olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang lebih terarah. Ini termasuk serangkaian gerakan berulang kali yang dirancang untuk memperkuat atau mengembangkan bagian tubuh tertentu dan meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru – seperti kebugaran jantung. Olahraga meliputi jalan kaki, berenang, bersepeda, dan banyak aktivitas lainnya.

Baik aktivitas fisik maupun olahraga sangat berharga bagi kesehatan. Yang penting terus melakukannya, baik latihan itu terarah maupun tidak.

Walau mungkin sebelumnya kita tidak pernah berolahraga, tidak ada kata terlambat untuk melakukan aktivitas fisik selama masih hidup. Dalam suatu penelitian, peserta yang rata-rata berusia 87 tahun ketika melakukan suatu program aktivitas mampu meningkatkan kekuatan otot sampai lebih dari 110%, kecepatan berjalan sebesar 12%, dan kemampuan naik tangga sebesar 28%. Dalam penelitian lain bahkan didapati orang tua berusia 90-an pun masih memperoleh manfaat dari program angkat beban.

Berikut ini beberapa usulan untuk melibatkan lebih banyak aktivitas dalam kehidupan Anda sehari-hari:

Lakukanlah mulai hari ini agar Anda tetap bugar dan sehat. (Mayo Clinic Family Health Book)