Find Us On Social Media :

Yoga Kurangi Nyeri Saat Melahirkan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 19 September 2012 | 10:00 WIB

Yoga Kurangi Nyeri Saat Melahirkan

Intisari-Online.com – Banyak dokter dan ahli kesehatan menganjurkan ibu hamil untuk melakukan yoga. Pada kenyataannya, latihan ini cukup santai dan bermanfaat banyak bagi ibu hamil.

Selain kehamilan, wanita sering merasa tidak nyaman. Stres dan panik biasanya muncul pada kehamilan pertama mereka. Dengan melakukan yoga, membantu wanita meningkatkan kekuatan dan mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan.

Seperti dikutip oleh Times of India, yoga sangat disukai oleh bintang Hollywood saat mereka hamil. Yoga selama kehamilan membantu wanita meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, bahkan ketika kehamilannya berjalan melalui perubahan yang dramatis, demikian disampaikan Mary Barnes, direktur dan pemilik pusat pelatihan Yoga di New York.

Melakukan latihan yoga juga dapat membantu wanita mempersiapkan kelahiran. Seperti yang kita ketahui, selama persalinan normal, kita “diminta” untuk napas dengan benar. Jika pengaturan pernapasan yang tidak tepat, dapat menghambat proses kelahiran. Dengan latihan yoga secara teratur, ibu hamil akan dilatih untuk mengelola pernapasan dan menjadi lebih santai saat menjalani persalinan.

Yoga dianggap sebagai latihan yang menyenangkan bagi wanita hamil. Jika dilakukan teratur, yoga tidak saja membuat wanita hamil merasa lebih santai. Gerakan yoga bahkan mampu menghilangkan rasa sakit seperti nyeri punggung dan nyeri di pergelangan kaki yang umumnya dialami oleh wanita hamil. Sebagian besar, yoga berfokus pada pernapasan. Hal ini menciptakan daya tahan, menenangkan pikiran, dan dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Namun, perlu diingat, yoga selama kehamilan harus di bawah pengawasan pelatih profesional. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan Anda, mengingat kondisi setiap wanita hamil berbeda-beda.