Find Us On Social Media :

Hidrasi Sehat dengan Asupan Air Seimbang

By Rusman Nurjaman, Senin, 15 Oktober 2012 | 17:14 WIB

Hidrasi Sehat dengan Asupan Air Seimbang

Intisari-Online.com - Pentingnya peran air dalam tubuh manusia bisa diketahui dari beberapa fakta berikut. Air mempunyai peran kunci dalam pencernaan, penyerapan dan transportasi zat gizi lainnya. Air juga menopang pembentukan dan kestabilan struktur sel, sebagai pelarut reaksi biokimia, pengatur suhu pada tubuh manusia, dan pelumas pada rongga persendian. Dalam hal ini, air berperan sebagai mediator.

Hal tersebut dikemukakan oleh Dr. Stavros A. Kavouras, dari Arkansas University, dalam diskusi di Fakultas Kedokteran UI, Salemba (10/10). Namun, fungsi air dalam tubuh tersebut bakal optimal bila kehilangan air seimbang dengan asupan air yang cukup. Kondisi ini disebut euhidrasi. Sebaliknya, bila asupan air lebih rendah dibandingkan jumlah yang hilang dalam aktivitas sehari-hari bakal terjadi dehidrasi.

Bahaya dehidrasi

Munculnya dehidrasi tentunya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pelbagai penelitian menemukan, dehidrasi sedang saja (setara dengan kehilangan 2% berat badan) bisa berakibat signifikan pada menurunnya ketahanan fisik (letih, lesu, cepat lelah, dsb.). Mood, mental, dan performa kognitif juga menjadi tak stabil. Terlebih, bila penderita tinggal di lingkungan panas.

Dehidrasi akut (perubahan 4 % berat badan) bahkan bisa berdampak lebih parah lagi. Dampaknya bisa memicu penurunan kesadaran sampai kerusakan otak. Kita tahu, otak adalah organ yang paling sensitif terhadap kekurangan air. Lebih parah lagi, bila terus dibiarkan, kerusakan organ tubuh seperti ginjal dan hati, pun tak bisa dihindari.

Dr. Kavouras menambahkan, saat ini sekitar separuh orang dewasa dan remaja mengalami dehidrasi ringan. Namun, fakta ini tidak hanya menjadi masalah di Indonesia, tetapi merupakan isu global.

Karena itu, untuk mencegah dehidrasi, setiap orang perlu minum air yang cukup sesuai kebutuhan. Kebutuhan air untuk manusia tergantung pada berat badan, umur, usia, jenis kelamin, leingkungan kerja, dan kondisi fisiologi seperti kehamilan dan menyusui. Dengan demikian hidrasi sehat sangat bergantung pada kesetimbangan asupan air.

Dalam kondisi normal, kebutuhan air pria dan wanita berbeda. Pria dewasa membutuhkan 2500 ml dan wanita 2000 ml air per hari. Ukuran tersebut berasal dari air minum (80%) dan makanan padat (20 %).