Find Us On Social Media :

10 Hal yang Membuat Anda Merasa Tua

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 8 November 2012 | 14:00 WIB

10 Hal yang Membuat Anda Merasa Tua

Intisari-Online.com – Menjadi tua itu sudah pasti. Seberapa panjang usia seseorang, itu yang tidak dapat diprediksi. Ternyata, ada beberapa hal yang biasa kita lakukan membuat kita merasa lebih tua dari usia yang seharusnya. Mari kita periksa ulasan yang disampaikan dari Care2 berikut ini.

  1. Malas bergerak.

    Tidak mau berolahraga biasanya membuat tubuh mudah lelah saat dipaksa untuk melakukan aktivitas fisik. Karenanya, kita merasa sudah tua dan tidak mampu bergerak seperti orang muda.

  2. Malas berpikir.

    Sebuah penelitian menyebutkan demensia bisa menyerang kita meskipun masih berusia 30-an. Mengapa? Ternyata hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah orang yang terlalu malas untuk berpikir.

  3. Diet tak sehat.

    Saran untuk makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan makanan bergizi lainnya sering terdengar untuk menjaga kesehatan kita. Tetapi, jika kita mengabaikannya, tentu saja kita akan rentan terhadap penyakit dan sistem kekebalan tubuh pun akan semakin memburuk layaknya orangtua.

  4. Sering mengalami stres.

    Stres adalah salah satu hal yang membuat kita merasa tua. Untuk menghindarinya, jangan ragu untuk melakukan meditasi atau mengikuti kelas yoga sebelum depresi mempengaruhi kondisi fisik kita.

  5. Berpikir negatif.

    Hampir sama seperti stres, berpikir negatif juga akan membuat kita merasa tua. Jadi, mulai sekarang mulailah berpikir lebih positif dan selalu bersyukur atas apa pun yang diterima.

  6. Konsumsi alkohol.

    Banyak peneliti mengatakan alkohol baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Tetapi, jika jika minum alkohol berlebihan bisa berdampak pada kondisi fisik dan membuat kita merasa lebih tua.

  7. Perokok pasif.

    Jika kita tidak merokok, sebaiknya juga menjauh dari komunitas perokok. Merokok pasif juga membahayakan kesehatan paru-paru dan mempengaruhi penuaan.

  8. Polusi.

    Polusi merupakan salah satu hal yang membuat kita merasa tua. Karena seperti halnya asap rokok, lebih baik hindari sumber-sumber pencemaran yang akan berdampak pada kondisi fisik kita.

  9. Obat-obatan tertentu.

    Mengonsumsi pil tidur karena tidak bisa tidur? Hentikan kebiasaan itu sekarang. Karena obat-obatan tertentu mempengaruhi kesehatan kita sehingga penuaan pun akan cepat terjadi.

  10. Riwayat keluarga.

    Beberapa jenis penyakit karena gen sulit untuk dihindari. Namun, dengan gaya hidup sehat Anda dapat mencegah datangnya penyakit tersebut lebih cepat, sehingga penuaan yang terjadi akan normal seperti biasa.

Perubahan gaya hidup mungkin hal sepele untuk meningkatkan fisik dan mental. Namun, ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Lebih baik kita lakukan yang sebaliknya dari hal-hal tersebut di atas, lalu lakukan pola hidup sehat. Sehingga, meskipun usia kita sudah lebih tua, kita tetap masih bugar seperti orang muda. Ingatlah, jangan pernah merasa tua. (*)