Find Us On Social Media :

5 Vitamin Setelah Melahirkan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 28 Januari 2013 | 09:00 WIB

5 Vitamin Setelah Melahirkan

Intisari-Online.com – Wanita terkadang melewati tahap stres dan trauma selama kehamilan dan sesudah melahirkan. Banyak dari mereka yang justru menjadi korban gizi buruk setelah melahirkan karena konsumsi makanan yang tidak tepat dan kurangnya istirahat yang cukup.

Kehamilan dan persalinan pada dasarnya menguras cadangan vitamin dalam tubuh wanita. Itulah mengapa wanita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai vitamin pascamelahirkan, terutama mereka yang sedang menyusui. Berikut ini lima vitamin yang dibutuhkan setelah melahirkan.

  1. Vitamin B9.

    Vitamin B9 dikenal juga sebagai asam folat, yang biasanya dikonsumsi selama kehamilan untuk perkembangan sistem saraf bayi. Jangan berhenti minum vitamin ini setelah Anda melahirkan. Vitamin ini dapat mengurangi depresi pascamelahirkan.

  2. Vitamin A.

    Setelah melahirkan, wanita akan mengalami masalah rambut rontok yang parah. Kebanyakan dari mereka mengalami rambut rontok setelah kehamilan dan pascamelahirkan (masa enam minggu sejak bayi lahir). Anda perlu mengonsumsi banyak vitamin A agar rambut dan kulit tetap sehat setelah kehamilan.

  3. Vitamin C.

    Vitamin ini banyak ditemukan dalam buah jeruk serta buah-buahan lainnya dan dibutuhkan oleh ibu yang menyusui. Vitamin C juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah melahirkan.

  4. Vitamin D.

    Kalsium merupakan mineral penting bagi kesehatan tulang, dan wanita cenderung kekurangan kalsium, terutama setelah melahirkan. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bila tubuh tidak bisa menyerap kalsium tanpa kehadiran vitamin D. Masalahnya, vitamin D sangat jarang ditemukan dalam makanan. Vitamin D banyak ditemukan dalam sinar matahari, maka berjemurlah setiap pagi bersama dengan bayi Anda antara pukul 07.00  - 09.00, cukup selama 15 – 30 menit.

  5. Vitamin E.

    Vitamin E pada dasarnya antioksidan yang dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengusir racun dari tubuh. Ini juga dapat membantu Anda melawan kelelahan dan trauma pascamelahirkan.

Selain vitamin tersebut yang Anda asup, pastikan Anda cukup beristirahat. Keduanya tentu sangat membantu dalam pemulihan tubuh. (*)