Find Us On Social Media :

7 Tanda Diet Sudah Berbahaya

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 14 Maret 2013 | 15:00 WIB

7 Tanda Diet Sudah Berbahaya

Intisari-Online.com – Program penurunan berat badan haruslah dilakukan dengan cara yang wajar dan tidak berlebihan untuk mempertahankan kesehatan tubuh keseluruhan. Jika kita menemukan tanda-tanda diet yang mengarah ke fase yang berbahaya di bawah ini, kita harus menghentikan program penurunan berat badan.

  1. Terlalu cepat.

    Salah satu diet yang tidak biasa adalah kehilangan berat badan terlalu cepat. Tentunya kita ingin kurus, tapi bukan berarti harus menggunakan metode pelangsingan tubuh secara instan. Selain tidak efektif, kesehatan tubuh justru akan terganggu.

  2. Komentar teman.

    Apa yang orang-orang sekitar katakan ketika kita mencoba menurunkan berat badan? Jangan hanya berpikir mereka cemburu ketika seseorang mengatakan kita tampak begitu kurus dan berbeda. Bisa jadi ada yang salah dalam metode diet yang kita lakukan.

  3. Melewatkan makan.

    Salah satu tanda diet mulai memasuki fase berbahaya adalah kita memiliki kebiasaan melewatkan makan. Ingat, tidak ada program penurunan berat badan yang memberikan saran tersebut. Hati-hati membuat aturan sendiri karena bisa membahayakan kesehatan.

  4. Ukuran pakaian.

    Apakah Anda terobsesi mendapatkan ukuran pinggang tertentu sehingga dapat memakai pakaian yang kecil? Nah, kita pasti akan langsung melakukan diet yang berbahaya dan tidak wajar. Ingat, diet sehat adalah salah satu yang tidak terobsesi pada angka-angka saja, tetapi kesehatan secara keseluruhan.

  5. Menghindari makanan.

    Hampir sama dengan melewatkan makan, kita tidak perlu menghindari undangan makan dengan teman-teman atau keluarga ketika sedang diet. Selama dapat mengontrol menu makanan yang dipesan, kita tetap berada di jalur yang benar.

  6. Kondisi fisik.

    Apakah kita mengalami perubahan fisik saat diet selain ukuran pinggang? Misalnya, merasa pusing, lemah, lesu, dll. Bisa jadi ini indikasi kita sedang memasuki fase berbahaya diet karena langsing terlalu cepat.

  7. Olahraga berlebihan.

    Olahraga itu sehat. Tapi jika terlalu terobsesi membakar lemak dengan olahraga berlebihan, inilah tanda bahwa diet kita mulai memasuki fase berbahaya. Berhentilah sekarang sebelum terlambat.

Jika diet kita mulai mengarah ke fase yang berbahaya dan tidak wajar, segera konsultasikan dengan ahli gizi jika ingin menurunkan berat badan secara normal dan sehat. (Women Stalk)