Find Us On Social Media :

Tidurlah Sambil Mendengarkan Musik ...

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 16 April 2013 | 14:00 WIB

Tidurlah Sambil Mendengarkan Musik ...

Intisari-Online.com – Penelitian baru menunjukkan, mendengarkan musik saat tidur dapat meningkatkan memori otak. Para peneliti telah menemukan bahwa suara yang disinkronkan dengan ritme tidur osilasi otak lambat dapat meningkatkan osilasi yang meningkatkan memori dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Telah lama diketahui bahwa osilasi lambat dalam aktivitas otak terjadi selama apa yang disebut slow-wave sleep sangat penting untuk menjaga memori.

“Keindahan terletak pada kesederhanaan untuk menerapkan stimulasi pendengaran pada intensitas rendah. Dan pendekatan (mendengarkan musik) ini praktis dan etis bila dibandingkan, misalnya, dengan stimulasi listrik,” kata Dr. Jan Born dari Jerman, seperti dilansir Daily Mail.

Dr. Jan dan rekan-rekannya melibatkan 11 orang yang diminta untuk melakukan uji stimulus suara. Ketika peserta terkena rangsangan suara selaras dengan irama osilasi otak lambat, mereka lebih mampu mengingat asosiasi yang telah mereka pelajari malam sebelumnya.  

Hal ini menunjukkan, rangsangan suara hanya efektif terjadi ketika suara selaras dengan irama osilasi lambat selama fase tidur nyenyak berlangsung. (*)