Find Us On Social Media :

Mengatasi Pegal Saat Hamil

By dwi andriani putri, Rabu, 1 Mei 2013 | 14:44 WIB

Mengatasi Pegal Saat Hamil

Intisari-Online.com - Saat kehamilan merupakan saat-saat yang melelahkan bagi ibu Ada banyak keluhan yang muncul antara lain cepat lelah, susah tidur, emosi yang susah dikontrol, serta rasa pegal yang sangat menggangggu.

Nah untuk mengurangi rasa pegal, ibu bisa melakukan tiga gerakan berikut:

  1. Peregangan bahu.

    Cara ini bertujuan agar otot-otot bahu, lengan, leher, dan punggung rileks. Lakukanlah dengan duduk tegak dan telapak kaki menempel rata di lantai. Lalu secara perlahan angkat tangan kanan Anda. Tekuk siku lalu jatuhkan tangan ke belakang (telapak tangan menghadap punggung), serta tarik siku ke bawah dengan tangan kiri Anda. Setelah itu tahan posisi selama 20 detik. Ulangi gerakan dengan tangan yang lain.

  2. Memiringkan dan memutar kepala dan leher.

    Cara ini bertujuan untuk menjaga otot-otot leher dan bahu tetap lentur sehingga mencegah terjadinya ketegangan otot tubuh bagian atas. Lakukanlah dengan duduk tegak, bahu santai, dan kepala menghadap lurus ke depan. Secara perlahan, miringkan kepala ke kanan, sampai telinga kanan hampir menempel bahu. Kembali ke tengah, lalu miringkan kepala ke kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali. Sebagai alternatif, duduk tegak dengan bahu rileks. Secara perlahan, putar kepala ke kanan, kembali ke tengah, dan perlahan-lahan putar lagi ke kiri. Ulangi gerakan sampai lima kali. Kedua gerakan ini bisa dilakukan secara bergantian.

  3. Menggerakan kaki dan pergelangan kaki.

    Cara ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, mencegah terjadinya kram otot, serta mengencangkan otot-otot betis dan paha. Yang bisa Anda lakukan adalah duduk santai dengan punggung tersangga dengan baik. Angkat kaki kanan, dan mulailah ’menggambar’ huruf alfabet di udara. Jaga agar kaki kiri tidak bergerak. Lalu ganti dengan kaki kiri. Ulangi seluruh gerakan sebanyak dua kali lagi. (untukku)