Find Us On Social Media :

Ada 6 Sumber Racun di Rumah Anda!

By Rusman Nurjaman, Sabtu, 25 Mei 2013 | 11:00 WIB

Ada 6 Sumber Racun di Rumah Anda!

Intisari-Online.com - Meski tampak bersih, ruangan di rumah bisa menyembunyikan racun. Mulai dari pengharum ruangan sampai obat pembasmi nyamuk, semua mengandung bahan kimia beracun. Dalam cerita fiksi, misalnya, kita mengenal Poison Ivy, salah satu musuh terbesar Batman, yang menggunakan parfum dan lipstik beracun untuk melumpuhkan musuhnya.

Oleh karena itu, sebagai upaya antisipasi, kita perlu tahu apa saja yang berpotensi mengundang bahaya karena zat yang dikandungnya. Di bawah ini National Geographic merinci hal-hal yang bisa menjadi sumber bahaya racun di rumah.

  1. Pembersih

    Antikarat, penggelontor, dan pembersih oven bisa menyebabkan luka bakar. Karena itu, bacalah petunjuk penggunaan, kenakan sarung tangan, dan buka jendela saat menggunakannya.

  2. Pemutih

    Bahan ini menghasilkan gas beracun jika dicampur amoniak atau pembersih westafel yang mengandung asam.

  3. Timbel

    Kandungan logam dalam pipa bisa mencemari air minum dan dapat merusak sistem saraf. Rambut Ludwig van Beethoven, komposer terkenal itu, suatu kali pernah tercemar racun ini sehingga menyebabkannya mengidap penyakit-penyakit parah.

  4. Pencemar udara

    Udara di rumah bisa lebih terpolusi daripada kota industri. Pastikan sirkulasi udara baik dan tingkat gas radon di rumah tak melewati ambang batas, karena bisa menyebabkan kanker paru-paru.

  5. Cairan wiper

    Dapat menyebabkan kerusakan fisik dan sistem saraf jika terhirup atau terserah kulit. Gunakan sarung tangan saat mencampur dan lakukan berventilasi baik.

  6. Vitamin dan Mineral

    Suplemen bisa menyebabkan gangguan, terlebih lagi pil mengandung zat besi yang bisa beracun.