Find Us On Social Media :

Mengatasi dan Menghilangkan Kulit Kering

By dwi andriani putri, Minggu, 26 Mei 2013 | 12:00 WIB

Mengatasi dan Menghilangkan Kulit Kering

Intisari-Online.com - Kulit kering dan bersisik adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Kulit kering dan bersisik sudah tentu menghalangi kita untu tampil menarik, khususnya bagi para wanita. Efek yang terlihat dari kulit kering adalah kulit akan terlihat keriput, kusam, dan tidak segar.

Kulit yang kering dan bersisik biasanya hanya memiliki kadar minyak (sebum) yang sangat rendah dan cenderung cukup sensitif. Karena tidak dapat mempertahankan kelembabannya kulit akan terlihat kusam. Kulit yang terasa kaku setelah mencuci muka adalah salah satu ciri kondisi kulit kering. Ketika dioles oleh pelembab baru kulit akan tidak lagi terasa kaku.

Berikut adalah beberapa penyebab kulit kering dan bersisik:

  1. Faktor keturunan (genetik).

    Dalam faktor genetik, kondisi bawaan seseorang dipengaruhi oleh orangtua atau anggota keluarga dekat yang lain. Jadi jika ada orangtua kita yang memiliki kulit kering maka kemungkinan besar kita juga akan mempunyai kulit kering.

  2. Kondisi struktur kulit.

    Kulit akan terkena dehidrasi bila kondisi kelenjar kulit tidak mampu memberi cukup lubrikasi pada kulit. Akibatnya adalah kulit menjadi kering

  3. Pola makan.

    Salah satu pemicu kulit menjadi kering adalah kurangnya nutrisi tertentu terutama sayuran. Jika pola makan anda buruk dan tidak mengandung gizi yang cukup maka anda bisa terkena kulit kering.

  4. Faktor Lingkungan

    Kulit kering bisa juga disebabkan oleh pengaruh lingkungan seperti udara dingin, terkena sinar matahari terlalu lama, dan lain-lain.

  5. Penyakit Kulit

    Kulit yang terserang penyakit kulit seperti eksim, psoriaris, dan lain-lain bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Adapun cara untuk mencegah kulit kering, berikut adalah beberapa saran berguna untuk mencegah kulit kering dan bersisik: