Find Us On Social Media :

Banyak Aksi Melawan Sakit Gigi

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 9 Juni 2013 | 09:00 WIB

Banyak Aksi Melawan Sakit Gigi

Intisari-Online.com – Satu-satunya cara untuk menghindari hal yang lebih buruk ketika sakit gigi ya harus pergi ke dokter gigi! Terkadang kita mencoba mengabaikan sakit gigi dan berharap hilang sebelum ke dokter gigi. Karena kebanyakan sakit gigi yang dirasakan karena gigi atau rahang bermasalah seperti rongga gigi, gigi retak, terkena akar gigi, penyakit gusi, penyakit titik rahang atau spasme otot-otot yang digunakan untuk mengunyah.

Tingkat keparahan sakit gigi bisa berkisar dari kronis, ringan, sampai tajam, dan menyiksa. Rasa sakit dapat memperburuk atau diperparah dengan makan makanan panas dan minum minuman dingin. Cuaca juga dapat memperburuk situasi.

Rongga gigi adalah penyebab paling umum dari sakit gigi. Gigi berlubang adalah lubang dalam dua lapisan luar gigi yang disebut enamel dan dentin. Enamel adalah permukaan terluar yang putih keras dan dentin adalah lapisan kuning tepat di bawah enamel. Bakteri tertentu dalam mulut yang mengkonversi gula sederhana menjadi asam menyebabkan gigi berlubang. Asam inilah yang  melembutkan dan melarutkan enamel dan dentin lalu menciptakan rongga.

Meskipun kita benar-benar perlu ke dokter gigi untuk menyelesaikan masalah sakit gigi ini, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan untuk sekadar meringankan sakit gigi.

Kita mungkin bisa menghindari rasa sakit gigi dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi. Agar gigi tidak berlubang cobalah untuk mengurangi atau menghindari asupan makanan dan minuman manis. Kalau tetap harus mengasupnya, ya sesekali saja. Sikat gigi dan bersihkan gigi dengan benang gigi secara teratur.

Jangan lupa juga, mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan untuk membersihkan dan membantu memastikan kesehatan gigi dan gusi kita. Dengan cara ini, kita dapat menghindari sebagian besar masalah sakit gigi karena mencegahnya lebih dini. (*)