Find Us On Social Media :

Daftar Kebutuhan Gizi Remaja

By Shinta Ario Kusuma Dewi, Kamis, 27 Juni 2013 | 12:00 WIB

Daftar Kebutuhan Gizi Remaja

Intisari-Online.com - Masa remaja merupakan salah satu tahapan kehidupan seseorang ketika pertumbuhan berat badan dan tinggi badan mengalami puncaknya. Untuk mendukung proses pertumbuhan yang cepat ini maka seorang remaja membutuhkan dukungan asupan zat gizi yang cukup. Remaja yang memiliki asupan gizi yang cukup akan memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat dan dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik serta jarang mengalami sakit.

Masa remaja ini ditandai dengan pertumbuhan yang cepat (growth spurt), baik tinggi badannya maupun berat badannya. Pada periode growth spurt, kebutuhan zat gizi akan tinggi karena berhubungan dengan besarnya tubuh. Periode growth spurt untuk anak perempuan umur 10-12 tahun, sementara anak laki-laki umur 12-14 tahun. Permulaan growth spurt pada anak tidak selalu pada umur yang sama melainkan tergantung dari individual itu sendiri. Pertumbuhan yang cepat biasanya diiringi oleh pertumbuhan aktivitas fisik sehingga kebutuhan zat gizi akan naik pula.

Pemenuhan kebutuhan gizi untuk remaja merupakan hal yang mutlak dan hakiki. Kebutuhan gizi itu sendiri adalah sejumlah zat gizi minimal yang harus dipenuhi dari konsumsi makanan. Kekurangan dan kelebihan konsumsi gizi dari kebutuhannya jika dalam jangka waktu lama dan berkesinambungan dapat membahayakan kesehatan, bahkan pada tahap lanjut dapat mengakibatkan kematian. Defisiensi atau kekurangan gizi yang terjadi pada masa remaja ini dapat berdampak negatif yang dapat melanjut sampai dewasa. Kebutuhan gizi remaja meliputi hal-hal sebagai berikut: