Find Us On Social Media :

5 Cara Stop Cegukan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 29 Juni 2013 | 12:00 WIB

5 Cara Stop Cegukan

Intisari-Online.com – Mengapa bisa terjadi cegukan? Cegukan tidak menakutkan atau hal yang buruk, tetapi bisa sangat mengganggu. Belum lagi, kalau cegukan sering sulit untuk dihentikan. Kita tentunya tidak ingin cegukan mengganggu kegiatan sehari-hari, terutama ketika sedang melakukan hal-hal yang penting.

Cegukan bisa dihentikan dengan lima metode sederhana, yang disampaikan oleh HealthMeUp berikut ini. Kita bisa melakukannya di rumah. Coba yuk.

  1. Menelan gula. Satu sendok makan gula dapat dengan cepat mengusir cegukan. Gula akan sedikit mengiritasi tenggorokan dan menyesuaikan tenggorokan sehingga akan menghentikan cegukan. Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang jelas soal ini.
  2. Tahan napas. Ini adalah trik lama. Kita hanya perlu menahan napas untuk menghentikan cegukan. Cara ini dilakukan untuk mengganggu simulasi saraf otak untuk diafragma, yang membuat cegukan berhenti.
  3. Minum air. Pikirkan ketika kita minum air. Ini akan mengganggu proses pernapasan kita dan menghentikan cegukan. Sebenarnya, cara minum air tidak begitu berpengaruh. Kita bisa saja minum dari sedotan, sendok, gelas kecil, atau gelas besar.
  4. Terkejut. Takut atau terkejut mampu menghentikan cegukan. Ini karena shock dan ketakutan dapat mempengaruhi pernapasan dan mental seseorang. Kita bisa mencobanya ketika seorang teman mengalami cegukan.
  5. Makanan asam. Makan makanan asam akan mengganggu pernapasan kita. Ekspresi wajah yang muncul ketika seseorang merasa asam juga dapat membantu menghentikan cegukan. Cobalah makan lemon, jeruk nipis, atau cuka bila mengalami cegukan. Mungkin makanan ini bisa membantu.

Anda mau mencoba?