Find Us On Social Media :

Mengatasi Kelelahan Tak Berujung

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 18 Juli 2013 | 10:00 WIB

Mengatasi Kelelahan Tak Berujung

Intisari-Online.com – Anda selalu merasa lelah, lemas, dan selalu ingin tidur? Mungkin Anda memiliki rutinitas yang memicu stres. Olahraga secara teratur bisa menjadi obat penawar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur membantu menangkal kemasalan dan depresi. Ahli kebugaran, Deanne Pandey, menekankan bahwa tubuh yang bergerak bisa membuat tubuh lebih aktif dan meningkatkan gairah kerja.

“Seseorang setidaknya harus melakukan beberapa latihan fisik selama sekitar 45 menit sehari. Bagi wanita yang bekerja, tentunya akan sangat sulit jika mereka harus pergi ke pusat kebugaran, tetapi mereka dapat melakukan hal-hal sederhana. Seperti naik tangga atau berjalan-jalan di sore hari,” katanya, seperti dilansir Times of India.

Latihan ini penting. Bukan hanya karena kesibukan yang memicu stres, tetapi juga pola makan yang buruk seperti konsumsi junk food yang meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh. Juga makanan cepat saji yang cenderung mengandung bahan pengawet penyebab penyakit. Kita harus tahu porsi latihan yang ideal untuk kita.

Sementara untuk makanan yang digoreng, kafein, dan rempah-rempah harus dihindari karena akan menguras energi tubuh. “Dua liter air sehari juga diperlukan tubuh untuk menangkal perasaan kelelahan,” tambahnya.

Semua orang sibuk sepanjang hari dan mengeluh bahwa mereka tidak punya waktu untuk diri sendiri. Tapi sebenarnya, hanya mengambil waktu lima menit saja dari jadwal kesibukan kita tidaklah sulit. Kita juga harus tahu bagaimana tetap sehat selama bekerja.

Selain olahraga, relaksasi juga dianjurkan. Salah satu penyebab terbesar stres adalah kegiatan itu sendiri. Luangkan waktu untuk bersantai. Bagi wanita yang memiliki keluarga, bersantai bersama suami dan anak-anak bisa menyenangkan dan menenangkan.

Psikolog Chandni Mehta mengatakan, wanita modern harus membagi waktu antara keluarga dan bisnis dari pekerjaan kantor. Mereka perlu mengejar hobi atau melakukan sesuatu yang benar-benar dapat dinikmati. Jangan lupakan untuk berolahraga karena kebugaran dan kesegaran tubuh mampu mengontrol emosi.