Find Us On Social Media :

Kolesterol Juga Baik untuk Tubuh

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 24 Juli 2013 | 10:00 WIB

Kolesterol Juga Baik untuk Tubuh

Intisari-Online.com – Sejauh ini, kita menganggap kolesterol merupakan musuh utama tubuh. Kolesterol menyebabkan banyak penyakit. Namun di balik semua itu, tubuh tetap memerlukannya, kolesterol tetaplah berguna. Apakah saja manfaat kolesterol bagi tubuh?

Kolesterol digunakan untuk menghasilkan hormon steroid. Hormon-hormon termasuk hormon seks, estrogen dan progesteron pada wanita dan testosteron pada pria. Hormon-hormon ini memicu perkembangan ciri-ciri fisik karakteristik wanita dan pria dewasa, yang juga berperan dalam reproduksi. Hormon steroid lainnya, termasuk kortisol, yang dihasilkan dari kolesterol, mengontrol kadar gula darah dan mempertahankan tubuh terhadap infeksi dan aldosteron, yang penting untuk mempertahankan garam dan air dalam tubuh.Tubuh juga menggunakan kolesterol untuk membuat vitamin D, yang bertanggung jawab dalam membangun tulang dan gigiyang kuat.

Kolesterol digunakan untuk membuat empedu. Cairan kehijauan yang dihasilkan oleh hati dan disimpan di kantong empedu. Tubuh membutuhkan empedu untuk mencerna makanan yang mengandung lemak. Setelah lemak dicerna, empedu membantu tubuh untuk menyerapnya. Kehadiran empedu dalam usus mungkin diperlukan sebelum kolesterol diserap dari makanan. Tubuh membutuhkan empedu untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, vitamin yang larut dalam lemak, yang berasal dari makanan atau suplemen.

Kolesterol sangat penting untuk kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Sel-sel kekebalan tubuh kita bergantung pada kolesterol untuk melawan infeksi. Orang dengan kadar kolesterol darah rendah rentan terhadap berbagai infeksi, sakit lebih lama dan lebih mungkin meninggal karena infeksi.

Kolesterol bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan membantu menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kolesterol juga berguna selama proses penyembuhan setelah operasi. Selama operasi, jaringan dipotong dan banyak artikel kecil, vena dan kapiler yang rusak. Kolesterol membersihkan dan menyembuhkan luka pembuluh darah dan jaringan.

Kolesterol berguna dalam menjaga integritas sel. Kolesterol memberikan lapisan pelindung pada membran sel. Bila tidak ada kolesterol, membran sel akan mengering dan seluruh isi sel akan keluar, akhirnya mati.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi perhatikan kadar kolesterol Anda, karena bisa jadi penyakit yang mematikan. (*)