Find Us On Social Media :

Berta Benz yang Membuat Sejarah Melakukan Perjalan Jauh dengan 'Mobil'

By K. Tatik Wardayati, Senin, 11 Juni 2018 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com – Pada suatu hari yang cerah di musim panas tahun 1888, Berta Benz membuat sejarah dalam dunia permobilan.

Tanggal 5 Agustus itu, isteri penemu dan pembuat "Patent Motor Wagen", yaitu pelopor mobil sekarang, melaksanakan perjalanan jauh pertama dengan "mobil".

Bersama kedua puteranya, Eugen yang berumur 15 tahun dan Richard yang berumur 13 4 tahun, ia menempuh jarak 100 km dari Mannheim ke Pforzheim.

Mereka berangkat diam-diam pukul 5 pagi, ketika suami Ny. Benz sedang tidur, karena Berta Benz ingin pergi tanpa suaminya tahu.

Ibu dan kedua anaknya ini "mencuri' kendaraan bersilinder satu (isi silinder 984 cm), beroda tiga, dengan kekuatan 0,88 TK dari garasi. Kecepatan kendaraan itu hanya 15 km/jam. Kalau mendaki harus dibantu dengan dorongan.

Baca juga: Duh, Tak Mau Dimakamkan Pakai Peti, Pria Ini Malah Minta Dikubur Bersama Mobil Kesayangannya

Di Wiesloch dekat Heidelberg mereka berhenti untuk mengisi air dan membeli bensin di apotik. Pada jaman itu memang apotik menjual bensin. Di Bauschlott rem perlu diganti.

Prinsipnya mirip rem kereta kuda. Yang melakukan penggantian adalah seorang tukang sepatu setempat.

Petualang-petualang ini tiba di Pforzheim ketika hari sudah gelap. Mereka tidak memakai lampu. Kereta beroda tiga ini mendapat sambutan meriah dari penduduk setempat.

"Bapak di rumah" malam itu ditilgram untuk memberitahu bahwa anak-anak dan isterinya sudah tiba dengan selamat. Mungkin Benz mengkal, tetapi bangga juga karena "sepeda" roda tiganya yang diberi motor itu ternyata terbukti hebat.

Rally Berta Benz

Bulan Agustus yang lalu untuk memperingati peristiwa ini diadakan rally mobil kuno yang terbesar di Jerman Barat. "Rally peringatan Berta Benz" ini menempuh jarak Pforzheim - Stuttgart. Tidak kurang dari 160 mobil tua dari 50 merk ikut.

Baca juga: Kisah si Tukang Ledeng Mercedes Benz