Find Us On Social Media :

Siswi-Siswi SMP Ini Buktikan, Rose Seharusnya Bisa Selamatkan Nyawa Jack dalam ‘Titanic’

By Ade Sulaeman, Sabtu, 2 Juni 2018 | 12:45 WIB

Intisari-Online.com - Inilah salah satu momen film yang telah menjadi perdebatan paling sengit selama dua dekade terakhir: sebenarnya, bisakah Rose menyelamatkan Jack dalam Titanic?

Dan sekarang, sekelompok siswi mengatakan bahwa mereka telah membuktikan bahwa, secara teori, Jack dapat bertahan hidup dalam tenggelamnya kapal legendaris itu, jika mereka menggunakan satu tipuan sederhana ini.

Kita, para penggemar film berbiaya mahal itu, pasti mengingat ketika Rose dan Jack dipaksa terjun ke dalam dinginnya laut Samudra Atlantik Utara dan Rose merangkak naik ke sebuah puing kapal berbentuk papan untuk menghindari dingin dan menyelematkan diri.

Baca juga: (Video) Balita Ini Menangis Setiap Kali Mendengar Lagu ‘Titanic’. Lucu atau Justru Kasihan?

Sialnya, papan itu “hanya cukup untuk satu orang” sehingga Jack, secara tragis, harus mengorbankan diri supaya Rose tetap bisa bertahan.

Nah, beberapa siswi SMA dari Westminster School di Adelaide, Australia, Abigail Wicks, Christy Zhang, dan Julia Damato, dengan menggunakan formula matematika, berhasil menunjukkan bahwa pasangan itu sejatinya bisa bertahan hidup.

Syaratnya, mereka harus meletakkan pelampung yang mereka pakai di bawah papan tersebut.

Kepada The Advertisor, Wicks (15), mengatakan, “Kami melihat betapa ringannya pintu itu dan dan akan tenggelam jika ada (banyak) orang di atasnya.”

Baca juga: Ternyata Tenggelamnya Kapal Titanic dan Terbunuhnya Kennedy Bersaudara Sudah Diawali dengan Firasat yang Justru Diabaikan

“Ada banyak pengujian dan eksplorasi, dan kami harus mengutak-atik kemampuan mengapung yang berbeda dan melihat bahan apa yang realistis untuk (menahannya) saat itu.”

Damato (15) menegaskan bahwa daya apung papan itu juga akan terpengaruh oleh kadar asam yang ada dalam air laut.

Kelompok siswi itu mempresentasikan teori mereka di National Maths Talent Quest dan memenangkan penghargaan untuk karya mereka itu.

Baca juga: (Foto) Ya Ampun, Bersihkan Selokan Sampai Seperti Ini Hanya Digaji Rp138 Ribu!