Find Us On Social Media :

Berapa Lama Kita Harus Tidur?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 4 Oktober 2013 | 16:42 WIB

Berapa Lama Kita Harus Tidur?

Intisari-Online.com – Serba salah juga, ya. Kalau kurang tidur bisa menyebabkan berbagai penyakit, sementara terlalu banyak tidur pun tidak sehat. Tidur selama 6 – 7 jam dianggap sebagai batas tidur yang cukup, lalu seberapa batas untuk tidur berlebihan?

Berbagai penelitian telah menghubungkan kurang tidur dengan berbagai masalah kesehatan yang berbeda. Risiko obesitas, diabetes dan masalah jantung adalah beberapa risiko di samping kelelahan dan kurang semangat.

Penelitian terhadap 50.000 orang dewasa menunjukkan, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental. Kecemasan adalah salah satu pemicu stres dan depresi yang terkait dengan masalah tidur.

“Penting bagi orang dewasa mempertahankan tidur yang cukup selama 7 – 9 jam setiap malam untuk mempertahankan kesehatan mereka,” kata Dr. Safwan Badr, seorang ahli tidur yang juga mengatakan bahwa tidur sama pentingnya dengan olahraga. Demikian dilaporkan Daily Mail

Menurut penelitian, risiko orang yang terlalu lama tidur pun sama dengan yang dialami oleh orang yang kurang tidur. Artinya, jika seseorang tidur selama 10 jam atau lebih setiap malam, maka risiko memiliki masalah jantung koroner, stroke, dan diabetes kemungkinan akan meningkat.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa 30 persen responden mengalami masalah kurang tidur, yaitu kurang dari 6 jam setiap malam. Sebanyak 60 persen memiliki durasi tidur yang optimal, sedangkan sisanya tidur terlalu lama atau lebih dari 10 jam setiap malam.