Find Us On Social Media :

Anda Hamil Jika Alami 10 Tanda Ini (1)

By Ade Sulaeman, Sabtu, 22 Februari 2014 | 20:00 WIB

Anda Hamil Jika Alami 10 Tanda Ini (1)

Intisari-Online.com - Beberapa gejala kehamilan biasanya muncul ketika Anda terlambat datang bulan (sekitar satu atau dua minggu kemudian). Dan 7 dari 10 wanita mendapati itu ketika mereka hamil enam minggu.

Jika Anda tidak melacak siklus menstruasi Anda atau jika haid Anda bervariasi dari satu bulan ke bulan berikutnya, Anda mungkin tidak akan menyadari jika Anda hamil. Apalagi, memang tidak semua orang mengerti tentang tanda-tanda kehamilan.

Bisa jadi Anda hamil jika alami 10 tanda ini:

1. Menghindari makanan

Tak jarang wanita hamil tak suka dengan aroma makanan yang terlalu tajam. Misalnya saja, baru durian, sambal goreng, dan lainnya. Atau, makanan yang tadinya menjadi favorit, kini tiba-tiba tak disukai.

Hal itu bahkan sampai bisa memicu refleks mual dan muntah. Mungkin ini merupakan efek samping dari jumlah estrogen yang meningkat pesat dalam sistem tubuhnya.

2. Perubahan suasana hati

Sebagian dikarenakan perubahan hormonal yang mempengaruhi tingkat neurotransmitter (pembawa pesan kimia dalam otak). Tiap orang punya respon berbeda terhadap perubahan ini.

Beberapa calon ibu ada yang tiba-tiba emosinya sangat tinggi atau menurun, sedangkan yang lain ada yang merasa cemas atau tertekan berlebihan.

Jika Anda merasa sedih atau putus asa dan tidak mampu mengatasi perasaan Anda sehari-hari atau bahkan sampai merugikan diri sendiri, segera hubungi dokter kandungan atau konsultan kesehatan Anda.

3. Perut kembung

Perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat perut merasa kembung, mirip seperti saat sebelum haid. Hal itu mungkin mengakibatkan pakaian Anda terasa tak nyaman dari biasanya (khusus di bagian pinggang) meski saat itu rahim Anda masih sangat kecil.