Find Us On Social Media :

Bahan Kimia pada Kemasan Sebabkan Obesitas

By Ade Sulaeman, Jumat, 21 Februari 2014 | 20:15 WIB

Bahan Kimia pada Kemasan Sebabkan Obesitas

Intisari-Online.com - Selain kanker, diabetes dan penyakit neurologis, bahan kimia pada kemasan juga bisa menyebabkan obesitas.

Hal ini diutarakan para ilmuwan seperti Jane Muncke, John Peterson Myers, Martin Scheringer, dan Miquel Porta di Journal of Epidemiologi and Community Health.

Terpapar seumur hidup

Mereka mencatat, bahan kimia seperti formalin (penyebab kanker) banyak digunakan pada bahan plastik untuk botol soda, peralatan minum dan makan.

Zat itu dapat larut ke dalam makanan dan berisiko terpapar dalam tubuh manusia seumur hidup. Hal inilah yang tidak diketahui dan disadari masyarakat.

"Sedangkan hingga sekarang, ilmu tentang beberapa zat ini masik diperdebatkan dan pembuat kebijakan berjuang untuk memenuhi kebutuhan stakeholder," kata mereka.

Tak hanya di alat makan

Dr Ian Musgrave, dosen senior farmakologi di University of Adelaide mengatakan, masih sulit mengklaim bahwa formaldehida dalam botol plastik bisa menyebabkan kanker. Karena, zat ini biasanya juga sudah terkandung di makanan alami, seperti apel dan air minum kemasan.

Dr Musgrave menambahkan, jika hal itu (klaim dampak formalin) tergesa-gesa dilakukan, tentunya terdengar sangat berlebihan.

Masalah lain

Namun, Jon Ayres, Profesor Lingkungan dan Kedokteran Respirasi di University of Birmingham mengatakan, masalah ini bisa dijadikan alarm bagi semua orang.

Ia memang tidak menyangkal bahwa "mengkonsumsi" zat berbahaya itu dalam dosis rendah secara prinsip dapat terhindar dari risikonya.