Find Us On Social Media :

Dokter Olahraga: Bedakan Latihan Fisik dengan Olahraga!

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 1 Maret 2014 | 07:00 WIB

Dokter Olahraga: Bedakan Latihan Fisik dengan Olahraga!

Intisari-Online.com - Pernah membaca istilah exercise dalam berita luar negeri yang berkaitan tentang olahraga? Ternyata, exercise yang berarti latihan fisik berbeda dengan olahraga (sport).

Menurut dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terencana, teratur dan berulang-ulang dalam intensitas tertentu dan berkesinambungan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran.

Sedangkan olahraga adalah aktivitas fisik yang dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi dan bertujuan untuk kompetisi.

Latihan fisik yang baik adalah latihan yang dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan dan tidak menimbulkan dampak merugikan. Latihan fisik yang benar adalah latihan yang dilakukan secara berurutan dimulai dengan pemanasan dan peregangan, latihan inti dan diakhiri dengan pendinginan serta peregangan kembali.

"Seseorang bisa melakukan latihan fisik yang teratur selama 3 – 5 kali seminggu," kata dr. Wishnu dalam Peluncuran Buku Petunjuk Praktis Pemenuhan Kebutuhan Cairan dalam Latihan Fisik yang dirancang oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), beberapa hari lalu.

Telah terbukti melalui banyak penelitian di dalam maupun di luar negeri bahwa latihan fisik memberikan manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran hingga menjadi salah satu bagian penting dalam pengendalian penyakit kronik degeneratif.