Find Us On Social Media :

Jangan Pernah Bilang Ini pada Penderita Insomnia

By Ade Sulaeman, Selasa, 18 Maret 2014 | 08:00 WIB

Jangan Pernah Bilang Ini pada Penderita Insomnia

Intisari-Online.com - Tidak hanya kinerja saja yang terganggu, penderita insomnia juga kerap kehilangan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, mudah tertekan, mood menurun, dan yang paling menyedihkan adalah mudah tersinggung. Jangankan kata-kata kasar, mendengar kata-kata menyenangkan saja bisa membuat penderita insomnia salah paham.

Berikut ini delapan kalimat yang sebaiknya tidak Anda ucapkan pada penderita insomnia.(Baca juga: 8 Cara Ampuh Atasi Insomnia

“Santai saja!”

Kata ini, meski terdengar sangat “santai”, tapi sebenarnya tidak terdengar menenangkan bagi penderita insomnia. Masalahnya, mereka memang tidak mampu untuk bersantai (tidur, Red.). “Jadi ketika Anda menyarankan hal itu, mereka jadi lebih merasa khawatir dan tertekan,” kata Dr M Safwan Badr, MD , Presiden AASM.

Kamar atau tempat tidur bagi mereka adalah dua S, yakni Struggling (perjuangan) dan Suffering (penderitaan). Jadi, jangan “paksa” mereka untuk santai.

“Menghemat jam tidur itu bisa membunuhmu, loh!”

Banyak sekali efek yang bisa dirasakan seseorang jika jam tidurnya terganggu. Dan kebanyakan para insomniac (penderita insomnia) mengetahui hal itu. Dengan Anda mengatakan hal di atas, itu sama saja menambah kekhawatirannya. Mereka sebenarnya ingin sekali bisa tidur, hanya saja mereka tak bisa.(Baca juga: Insomnia Bisa Mengurangi Umur

“Zzzzzzz....”

Oke, memang tidak ada orang yang bisa mengontrol kapan dirinya harus mendengkur atau tidak saat tidur. Tapi jika pasangan Anda menderita insomnia, ada baiknya atasi dengkuran Anda segera. Ingatlah, dalam keadaan tenang saja mereka sudah kesulitan untuk tidur, bagaimana jika harus mendengar dengkuran Anda!

“Saya tidak punya waktu untuk insomnia.”

Ya ya ya, Anda memang sudah sangat sibuk dengan pekerjaan di kantor, mengurus anak dan rumah, olahraga, serta bersosialisasi. Dengan semua kesibukan Anda itu, memang hanya tidurlah yang bisa membuat Anda tenang. Tapi jangan katakan hal di atas juga, terutama di depan penderita insomnia. Toh, mereka juga tidak mau mengalami hal itu juga, kan.

“Coba minum obat tidur, deh!”