Find Us On Social Media :

Sepatu Basah dan Kotor Akibat Kehujanan? Jangan Menangis, Kami Punya Cara Menanganinya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 1 Maret 2017 | 20:00 WIB

Tips Menangani Sepatu Basah atau Kotor Akibat Kehujanan

Intisari-Online.com – Di musim penghujan seperti ini, terkadang sepatu yang digunakan ikut-ikutan basah. Nah, kalau hal itu terjadi, coba ikuti tips menangani sepatu basah dan kotor akibat kehujanan berikut ini.

  1. Segera setelah ada kesempatan, buka sepatu, lap dengan kertas koran, lalu jemur. Saat dijemur sebaiknya dalam posisi berdiri agar udara bisa mask dari berbagai arah.
  2. Setelah benar-benar kering, semirlah sepatu. Ingatlah, jangan memanaskan sepatu di dekat kompor, karena kulitnya akan jadi keras atau kaku.
  3. Cara lain, ambil kertas koran lalu gumpalkan dan masukkan dalam sepatu yang basah. Koran pun akan menyerap air.
  4. Bisa juga sepatu kulit dilap dengan spons yang tidak terlalu basah. Setelah itu, sepatu diangin-anginkan.
  5. Bila sepatu kulit terkena bercak kotor dan percikan air becek dapat dibersihkan dengan cara menggosok noda dengan ampelas halus.
  6. Udara yang lembab kerap membuat sepatu kulit berjamur. Untuk mengatasinya, sepatu perlu disemir dengan jeli petroleum (vaselin). Setelah itu, sepatu disemir dengan semir biasa.
  7. Nah, untuk menghindari jamur, bila ada matahari jemurlah sepatu. Tapi, cara menjemurnya jangan terkena sinar matahari langsung.
  8. Untuk membersihkan sepatu kets, gosoklah dengan sikat yang sebelumnya sudah dicelupkan dalam air sabun. Lalu, gosok lagi sepatu dengan sikat yang dicelupkan ke air bersih. Jangan disiram air.
  9. Saat menjemur sepatu kets, sumpal bagian ujung sepatu dengan koran atau kain lap.
  10. Sepatu berbahan kain kanvas dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas yang sudah dicelupkan ke dalam sampo karpet atau deterjen lembut.

Nah, itu tadi tips menangani sepatu basah atau kotor akibat kehujanan. Mau mencoba?