Find Us On Social Media :

Kacamata Pintar Google Glass

By J.B. Satrio Nugroho, Selasa, 29 Oktober 2013 | 09:00 WIB

Kacamata Pintar Google Glass

Intisari-Online.com - Setelah melakukan riset untuk menciptakan peranti cerdas yang bisa menjawab hampir semua pertanyaan, pada 4 April 2012 Google merilis foto dan video yang diberi judul “Project Glass: One Day….”

Dalam video tersebut, terkisah gambaran seorang pengguna peranti cerdas bikinan Google yang berupa kacamata. Mulai dari booting, kemudian kacamata yang kelak dinamakan Google Glass itu mulai memunculkan ikon-ikon dan data sesuai yang diminta pengguna, tepat di depan mata.

Si kacamata pintar itu mulai mengecek agenda sang pengguna, cuaca hari itu, memulai percakapan (chat), memotret kemudian membaginya via dunia maya. Bahkan, mendengar musik. Semua yang diperintahkan pengguna dilakukan dalam sekejap dilaksanakan. Mengesankan!

Cara kerja prisma di Google Glass. (wordlesstech.com)

Anggukan dan gelengan

Mungkin benar prediksi dari The Guardian pada 2001, bahwa teknologi “wearable computer” akan mengemuka pesat ada 2005. Pada 2015, teknologi ini akan menggeser desktop, laptop, dan ponsel pintar.

Unit kacamata dari Google ini terdiri dari mikrokomputer termasuk GPS dan memori, perangkat antarmuka berupa prisma, kamera, perangkat sentuh di bagian gagang kacamata sebelah kanan, baterai, mikrofon dan speaker. Perintah yang diberikan kepada kacamata berupa suara dan sentuhan tangan di bagian gagang kacamata.

Prisma yang terletak tepat di depan mata bagian kanan menggantikan peran layar seperti pada ponsel pintar, tablet, ataupun komputer. Prinsip kerjanya seperti mini proyektor, yang langsung muncul sebagai ”lapisan” tembus pandang.

Gerakan kepala seperti mengangguk dan menggeleng juga merupakan perintah spesifik, seperti fungsi “scrolling” pada komputer dan ponsel.

Pesatnya kemajuan dunia digital, didukung oleh melimpahnya data yang disajikan Google membuat teknologi kacamata pintar ini bisa melakukan banyak hal. 

Salah satu fitur andalan Google, yaitu Google Map, menjadi sangat interaktif dengan kacamata ini. Melihat rute perjalanan menjadi semakin interaktif dengan petunjuk perjalanan langsung terpampang di depan mata, tanpa mengganggu pandangan ke depan.