Find Us On Social Media :

Yang Sebaiknya Tidak Dibeli Saat Garage Sales

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 17 November 2011 | 14:00 WIB

Yang Sebaiknya Tidak Dibeli Saat Garage Sales

Intisari-Online.com – Garage Sales biasanya diadakan ketika seseorang harus pindah rumah ke luar kota atau ke luar negeri sementara tidak memungkinkan untuk membawa seluruh isi rumahnya. Bisa juga karena seseorang ingin mengganti semua barang-barang yang menurutnya sudah terlalu jadul dengan model baru, sehingga barang-barang lama pun dijual dengan harga murah. Namun, perlu hati-hati karena tidak semua barang garage sales, meskipun murah, standar keamanannya sama dengan barang baru. Beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli, antara lain berikut ini.

Helm motor atau sepeda. Helm dimaksudkan untuk melindungi kita dari kecelakaan ketika berkendara. Kadang-kadang kerusakan memang tidak terlihat, sebaiknya membeli helm baru saja untuk memastikan kita mendapatkan semua perlindungan yang dibutuhkan. Begitu juga dengan sepeda.

Kursi mobil untuk anak. Sebuah kursi mobil untuk anak yang  telah mengalami kecelakan mungkin tidak bisa melindungi anak yang lain. Dalam sebuah survei, satu dari sepuluh kecelakaan, kursi mobil untuk anak juga mengalami kerusakan. Lebih baik mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli yang baru, apalagi teknologi keamanannya berubah setiap tahun. Ingat, ini berisiko pada kehidupan anak kita.

Ban. Jika pernah mengalami kecelakaan, ban cenderung tidak stabil dan tidak bisa diandalkan.

Pakaian selam dan Pakaian renang. Jangan membeli produk apa pun yang digunakan sangat pribadi, terutama yang melekat erat pada tubuh. Juga, perubahan tekanan arus air pada pakaian selam dapat membuatnya lebih mudah sobek.

Kasur. Kemungkinan serangga bisa saja ada dalam kasur yang sudah digunakan. Tidak mungkin kan kita tidur pada bekas orang lain, tungau, bakteri, dan bekas cairan tubuh.

Boks bayi. Perubahan standar keamanan tiap boks bayi berbeda, sulit meminta verifikasi keamanan dari boks yang telah digunakan.

Laptop. Laptop kecenderungannya; daya tahan baterai semakin menurun, teknologinya tiap tahun berubah, bisa jadi pernah ketumpahan air saat pemakaian. Sementara komputer desktop lebih aman.

TV Plasma. Sulit untuk menentukan seberapa baik TV, pemutar DVD, atau perangkat lainnya telah dirawat oleh pemilik sebelumnya. Apalagi jika layar plasmanya mati, bisa jadi harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki atau mengganti komponen, yang kadang-kadang biaya yang dikeluarkan sama dengan membeli barang baru.

Sepatu. Sepatu yang sudah digunakan telah terbentuk oleh kaki pemilik sebelumnya. Sepatu yang tidak pas bisa menyebabkan rasa sakit pada kaki dan berujung pada kesehatan tubuh yang lain.

Topi. Topi jarang dibersihkan sebelum dijual. Mungkin saja ada sisa-sisa produk rambut, keringat, atau infeksi kulit pemakai sebelumnya.

Bila harga barang baru hanya lebih mahal sedikit daripada membeli barang garage sales, kenapa tidak membeli yang baru saja?