Find Us On Social Media :

Inilah Menu Atlet Tour de France

By Agus Surono, Jumat, 2 Desember 2011 | 15:00 WIB

Inilah Menu Atlet Tour de France

Intisari-Online.com - Jika Anda bersepeda untuk senang-senang saja, mungkin Anda hanya membekal makanan ringan untuk menjaga energi tetap terjaga. Akan tetapi, bagaimana jika aktivitas sepedaan Anda mencakup jarak 3.540 km dengan waktu lebih dari tiga minggu dengan hanya ada dua hari istirahat?Untuk mengikuti Tour de France (TdF), setidaknya Anda harus menggowes dengan kecepatan 40 - 48 km/jam. Tenaga ekstra harus Anda keluarkan karena ada beberapa gunung yang harus Anda daki. Total jarak yang Anda daki setara dengan mendaki Gunung Everest beberapa kali.

Mengandalkan makanan ringan di tas punggung jelas tak masuk akal. Lalu, apa yang dimakan para pebalap itu?

Atlet seperti Lance Armstrong sesungguhnya makan sekitar enam kali selama perlombaan. Mereka sarapan, lalu sebelum-selama-sesudah perlombaan juga makan, makan malam, ditutup makanan ringan sebelum tidur. Total jenderal semuanya sekitar 9.000 kalori, setidaknya satu galon air, dan lebih dari segalon minuman energi.

Kalori sebanyak itu jika dikonversikan dengan makanan ala McDonald (namun kandungan nutrisinya tidak sama) diperoleh sekitar enam Big Mac, 40 Mc Nugget, dan tiga hot fudge sundae. Kebayang berapa banyaknya?Berikut gambaran menu atlet TdF ketika sedang mendaki gunung seperti dimuat Life's Little Mysteries: