Find Us On Social Media :

Bagaimana Memilih Obat Kumur?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 10 Januari 2012 | 13:00 WIB

Bagaimana Memilih Obat Kumur?

Intisari-Online.com – Obat kumur pada dasarnya adalah cairan yang digunakan untuk berkumur-kumur setelah menyikat gigi dan flossing gigi untuk membersihkan gigi dan melindungi dari kerusakan dan penyakit gusi. Untuk mendapatkan napas segar di pagi hari obat kumur bisa menjadi bagian dari rutinitas harian kita. Obat kumur terdiri atas banyak bahan seperti penyedap, pemanis, antiseptik, deterjen, dan bahkan zat gizi seperti kalsium dan fluoride.

Ada berbagai jenis obat kumur seperti dimuat dalam Lifemojo.

Apakah obat kumur diperlukan?

Tentu saja tidak! Rutinitas menyikat efektif dan teratur check up gigi sudah cukup untuk gigi. Bahkan, obat kumur dilihat oleh dokter gigi hanya sebagai ‘pilihan tambahan’. Sudah pilihan, tambahan lagi! Namun, kita tetap bisa menikmati kualitas napas segar serta rasa menyenangkan setelahnya.

Apa yang harus diperhatikan dalam sebuah obat kumur?

Obat kumur yang baik harus membuat kita merasa segar dan energik setelah digunakan. Sebuah obat kumur yang baik harus memiliki bahan berikut:

Hindari obat kumur berbasis alkohol karena menyebabkan kelenjar ludah menjadi kering. Lebih sedikit air liur berarti tidak ada jalan untuk membersihkan bakteri.

Plak dan bakteri bisa menyebabkan infeksi gusi seperti gingivitis, periodontitis, perdarahan dan gusi bengkak, dsb. Gunakan obat kumur tanpa alkohol yang efektif untuk memerangi plak dan bakteri untuk memulai awal baru hari Anda.