Find Us On Social Media :

Kacang, Terbaik Untuk Kesehatan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 23 Februari 2012 | 15:00 WIB

Kacang, Terbaik Untuk Kesehatan

Intisari-Online.com – Jika kacang tidak termasuk dalam daftar diet harian Anda, maka Anda telah kehilangan sejumlah besar nutrisi yang dapat melawan penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otak, dan masih banyak lagi. Kacang sering diabaikan dan tidak dianggap sebagai makanan penting.

Penemuan baru telah membuktikan, kacang sangatlah sehat, dengan antioksidan hampir dua kali lebih banyak. Hampir semua jenis kacang-kacangan memang mengandung nutrisi yang kuat untuk mempertahankan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi PMS, dan menurunkan risiko kanker.

Namun, orang sering menghindari makan kacang dengan alasan untuk menghindari lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya. Kacang mengandung protein, serat, lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral. Berikut ini ada 8 jenis kacang yang dianggap terbaik bagi kesehatan, seperti dilaporkan oleh everydayhealth.

  1. Kacang kenari dapat melawan peradangan

    Selain mengandung antioksidan tertinggi dari semua kacang-kacangan, kenari juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini. Kenari paling kaya asam lemak omega-3 yang melawan peradangan. Mengonsumsi kenari merupakan cara terbaik untuk mendapatkan lemak tak jenuh bagi mereka yang tidak suka mengonsumsi ikan. Kenari sebagai camilan juga dapat mengurangi gejala PMS.

  2. Almon dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi resistensi insulin

    Almon mengandung serat yang paling tinggi jika dibandingkan dengan kacang-kacang lainnya, yaitu 12 gram setiap 100 gramnya. Selain itu, juga paling kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat.

    Almon membantu dalam penurunan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan, almon sangatlah sehat untuk orang yang khawatir kadar gula darah mereka. Orang yang mengonsumsi sekitar 20% kalori dari almon selama 4 bulan akan mengalami penurunan kolesterol dan penurunan resistensi insulin dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi almon. Sebuah penelitian menyatakan, kacang bisa meningkatkan kadar bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  3. Kacang mete dapat meningkatkan kekuatan otak

    Kacang mete kaya akan zat besi dan seng. Zat besi membantu memberikan oksigen ke semua sel, yang dapat mencegah anemia, dan seng sangat penting bagi kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

    Kacang mete juga merupakan sumber magnesium. Sekitar 30 gram kacang ini memberikan hampir 25% dari kebutuhan harian magnesium. Magnesium membantu meningkatkan memori dan melindungi terhadap kehilangan memori yang terkait dengan pertambahan usia.

  4. Pecan membuat arteri sehat

    Kacang pecan bukan hanya membuat kue lezat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kacang ini kaya akan antioksidan. Kacang pecan membantu mencegah pembentukan  pak di arteri. Penelitian Journal of Nutrition menemukan, makan kacang pecan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 33%.

    Kacang pecan juga sebagai nutrisi penting bagi kesehatan otak. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang-kaangan dapat menunda perkembangan penyakit saraf degeneratif seperti amyotropic lateral sclerosis (ALS) atau dikenal juga sebagai penyakit Lou Gehrig.

  5. Kacang brazil melindungi dari berbagai jenis kanker

    Kacang brazil merupakan makanan yang baik untuk asupan harian mineral selenium, yang dapat membantu mencegah kanker tertentu, termasuk kanker tulang, kanker prostat, dan kanker payudara.

    Penemuan baru yang disampaikan Journal of Medicinal Food menunjukkan, selenium ditemukan dalam kacang brazil, yang bersama dengan kedelai, dapat membantu  melawan kanker prostat karena terhambatnya pertumbuhan sel kanker. Namun, jangan berlebihan makan kacang ini. Karena kadar selenium yang tinggi dapat berbahaya.