Find Us On Social Media :

Hati-hati! Perokok yang Mulai Merokok Sejak Remaja akan Sulit Berhenti saat Dewasa

By Agus Surono, Minggu, 26 Februari 2017 | 18:15 WIB

Remaja Merokok Sulit Berhenti

Soalnya, kebanyakan kaum remaja meremehkan bahaya rokok terhadap kesehatan dan yakin mereka mampu untuk berhenti. Banyak remaja berpendapat, mereka mampu berhenti merokok kapan saja mereka mau. Dalam kenyataan, siswa SMU di AS yang merokok 1-5 batang sehari, 70% masih merokok lima tahun kemudian. Lebih dari separuh yang merokok sejak di sekolah lanjutan tidak berhasil berhenti merokok.

Kaum remaja mulai merokok lebih awal daripada yang diduga banyak orang tua. Sepuluh persen orang dewasa yang sekarang ini merokok mulai melakukan kebiasaan tersebut sejak usia 9-10 tahun dan sebagian lagi mulai merokok pada umur 14 tahun. Hampir 20% siswa SLTP sudah merokok selama 1 bulan terakhir. Sementara itu di kalangan siswa sekolah menengah mencapai angka 30%.

(Remaja Merokok Memang Persoalan Pelik, Tapi Bisa Diatasi dengan Cara-cara Ini) Semakin muda seseorang mulai merokok, semakin besar peluangnya menjadi perokok berat ketika dewasa. Juga, kaum remaja yang merokok cenderung untuk bereksperimen dengan mariyuana dan obat terlarang lainnya. Berikut beberapa strategi yang dapat dicoba para orangtua seperti disarikan Mayo Clinic, Pedoman Perawatan Sendiri.