Find Us On Social Media :

Ayo, Makan Bersama Keluarga

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Juni 2012 | 09:00 WIB

Ayo, Makan Bersama Keluarga

Intisari-Online.com – Kesibukan pekerjaan dan tuntutan karier bagi kehidupan pasangan suami istri telah menuntut mereka untuk tidak bisa duduk di meja makan untuk sarapan santai. Begitu pun dengan padatnya belajar anak-anak di sekolah. Bagaimanapun juga kita harus tetap menyediakan waktu untuk duduk bersama di meja makan.

Kegiatan makan bersama penting dilakukan, meskipun harus dijadwalkan. Inilah saatnya orangtua berhubungan satu sama lain dengan anak-anaknya di tengah kesibukan mereka. Ini juga menunjukkan bahwa mereka peduli satu sama lain.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal American Dietetic Association, anak-anak dan remaja yang makan malam dengan keluarga mereka akan memperoleh makanan sehat dibandingka bila mereka makan sendiri, yang sebagian besar selalu ingin makan junk food.

Bagaimana memasak makanan agar menyenangkan?

Ketika seluruh keluarga makan bersama, bukan hanya kebiasaan makan anak yang diawasi. Inilah kesempatan saat anak-anak mengamati ayah dan ibunya dan saudaranya yang lebih tua, mereka belajar bagaimana berinteraksi. Jadi, bukan hanya kesehatan, tapi kepribadian anak dapat dikembangkan selama waktu makan ini. Nilai-nilai moral mungkin tidak diajarkan secara langsung tetapi anak-anak dapat mengambil kesimpulan dari argumen dan diskusi yang menyenangkan. Waktu makan malam menjadi waktu yang paling nyaman sepanjang hari, yang mengembangkan rasa memiliki dalam keluarga yang penuh kasih. (*)