Find Us On Social Media :

Hidup di Desa Tak Selalu Lebih Sehat Dari di Kota

By Ade Sulaeman, Rabu, 11 Juli 2012 | 11:00 WIB

Hidup di Desa Tak Selalu Lebih Sehat Dari di Kota

Intisari-online.com - Apakah tinggal di desa lebih menyehatkan dibandingkan tinggal di kota? Jawaban yang biasanya muncul adalah “iya.” Tentu jawaban ini memiliki berbagai alasan. Jika faktor yang disodorkan adalah kejahatan, polusi dan stres, rasanya jawaban tersebut tidak salah.

Kota memang memiliki tingkat kejahatan yang lebih tinggi dibanding desa. Polusi, baik udara, air, tanah, ataupun suara yang terjadi di kota kadang sudah jauh dari ambang batas aman. Dengan tuntutan kerja yang tinggi, disertai fasilitas publik yang buruk, serta hubungan antar penduduk kota yang tidak sedekat penduduk desa, maka tingkat risiko mengalami stres penduduk kota akan lebih besar dibandingkan penduduk di desa.

Meski faktor-faktor penjelas dari jawaban “iya” tersebut sulit untuk disangkal, apa yang dipaparkan oleh National Rural health Association (NRHA), sebuah lembaga swadaya masyarakat di Amerika serikat akan memberi jawaban yang berbeda dan mengharuskan kita berpikir ulang jika memilih tinggal di desa.

Berikut beberapa fakta dari NRHA yang membandingkan beberapa hal seputar masalah kesehatan di kota dan di desa di Amerika Serikat:

Jadi, Anda lebih memilih tinggal dimana, di desa atau di kota? (MyHealthNewsDaily)