Find Us On Social Media :

Tubuh Kebal Berkat Buah dan Sayuran

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 17 Juli 2012 | 16:00 WIB

Tubuh Kebal Berkat Buah dan Sayuran

Intisari-Online.com – Pola makan yang sehat dan bergizi merupakan langkah penting dalam upaya mencegah penyakit. Diet sehat dan bergizi harus mencakup banyak buah-buahan dan sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum. Makanan ini adalah sumber besar antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan kita dengan menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Penyakit jantung, kanker, stroke, dan penuaan dini, serta penyakit lain yang umum karena kerusakan sel dari radikal bebas.

Dalam jumlah kecil, radikal bebas membantu melawan infeksi, tetapi dalam jumlah besar, mereka dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan DNA, proses yang dikenal sebagai stres oksidatif. Cara untuk mencegah atau meminimalkan stres oksidatif dalam tubuh kita adalah dengan meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran.

Sistem kekebalan tubuh kita harus cukup gizi untuk mencapai misinya, yaitu mempertahankan tubuh terhadap infeksi dan penyakit lainnya.

Buah-buahan dan sayuran apa yang perlu kita masukkan dalam menu diet harian kita? Berikut ini beberapa buah-buahan dan sayuran yang harus disertakan dalam daftar belanjaan kita.