Find Us On Social Media :

Cara Mudah Menghilangkan Stres

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 17 Februari 2012 | 08:00 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Stres

Intisari-Online.com – Seberapa sering kegiatan kita membuat stres? Itu berarti kita perlu istirahat sejenak dari kegiatan. Bagaimana jika tidak punya waktu untuk berlibur? Jangan khawatir, lakukan saja langkah-langkah berikut untuk menghilangkan stres, sehingga stres tidak mengganggu hari kita. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan stres.

Hipnosis diri

Lupakan semua beban pekerjaan yang selalu mengganggu pikiran kita. “Hipnosis adalah konsentrasi terfokus tingkat tertinggi,” kata David Spiegel, direktur Stanford School of Health and Stress. Jika dilakukan dengan baik, hipnosis bisa menjernihkan pikiran, menurunkan tekanan darah, dan tekanan pada otot.

Bayangkanlah sesuatu yang membuat kita stres, misalnya, kemacetan lalu lintas. Lalu, bayangkan juga solusi, seperti jalan besar tanpa kemacetan lalu lintas. Kita akan merasakan memasukkan bayang-bayangan tadi. Cobalah lakukan ini selama lima menit, tiga atau empat kali sehari.

Memaafkan

Tidak peduli seberapa sakit rasanya ditinggal oleh seseorang, kita harus bisa memaafkan. Melepaskan energi negatif sangat kuat untuk menghilangkan stres. Kita pun harut tulus menghapus kemarahan untuk mendapatkan energi positif. “Memaafkan bisa membantu kita melihat kebenaran. Bila kita marah, indera kita hanya dibatasi dalam ruang lingkup itu,” kata Charlotte Vanoye, psikolog dari Hope College.

Buka jendela

Siapa yang mengira melihat keluar jendela memberikan efek santai? Sebuah penelitian menyatakan, ketika tingkat stres meningkat, mereka yang melihat pemandangan alam, suasana hati akan kembali ke tingkat normal tingkat normal lebih cepat dibandingkan dengan tampilan digital atau dinding kosong. Jadi, ternyata otak tidak mudah tertipu. Mental dan fisik akan menjadi lebih baik ketika bersinggungan dengan alam.

Blokir stres dengan bunga

“Bukan rahasia lagi kalau stres bisa diatasi dengan alam,” kata Mehmet C. Oz, penulis You:Stress Less. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard dilakukan dengan mengirim bunga kepada sekelompok wanita dan lilin ke kelompok lain. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok pertama tidak merasa lelah dan stres dibandingkan kelompok kedua. Dr. Oz menyarankan untuk menempatkan bunga di atas meja agar terhindar dari stres kerja.

Mencari sinar matahari

“Stres dipicu ketika tubuh tidak mengetahui jam berapa sekarang. Kontak mata dengan sinar matahari sangat penting untuk memberitahu otak perihal jam biologis kita,” kata Julie Holland, asisten profesor psikologi di Fakultas Kedokteran Universitas New York. Luangkan waktu untuk berjalan 20 menit di pagi hari, tiga kali seminggu, untuk membantu tubuh menghindari stres.

Melihat foto

Mengagumi foto seorang model atau aktor tampan mampu mengurangi tekanan dalam hidup kita. Dalam sebuah penelitian oleh University of Louisville, setengah orang yang melihat foto-foto wanita cantik mengaku menjadi tenang setelah itu.