Find Us On Social Media :

Menikah Lebih Baik Bagi Kesehatan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 2 Juni 2012 | 13:00 WIB

Menikah Lebih Baik Bagi Kesehatan

Intisari-Online.com – Pernikahan adalah semacam pelampung atau sabuk pengaman,” kata sosiolog Universitas Chicago, Linda Waite, Ph.D., penulis The Case for Marriage, seperti dikutip The New York Times. “Kita bisa menempatkannya pada kategori yang sama persis seperti makan diet yang baik, berolahraga, dan tidak merokok.”

Pernikahan membantu kesehatan pasangan karena meniru kebiasaan sehat satu sama lain. Brigham Young University meneliti pada  4.746 pasangan menikah usia 51 – 61, mereka menemukan pasangan adalah cermin bagi status kesehatan. Seorang pria dalam kondisi sehat, maka istrinya pun pasti dalam kondisi yang sehat. Tapi jika kesehatan pria itu jelek, kemungkinan istrinya pun berada pada status sakit atau kurang gizi meningkat. Mengapa? Pasangan hidup dalam lingkungan yang sama akan melakukan tindakan yang sama dalam hal makanan, olahraga, dan mengurangi stres. Mereka juga berbagi tekanan emosional.

Hidup sehat adalah pilihan win-win untuk pasangan menikah. Tidak hanya meningkatkan kesehatan individu dan umur panjang, tapi juga menciptakan peluang yang luar biasa untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama.