Find Us On Social Media :

Ikut Paduan Suara, Bikin Bahagia?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 9 Desember 2013 | 21:15 WIB

Ikut Paduan Suara, Bikin Bahagia?

Intisari-Online.com – Bernyanyi dalam paduan suara mungkin baik untuk kesehatan mental Anda, demikian hasil sebuah penelitian baru.

Peneliti Inggris melakukan survei online dari hampir 400 orang yang bernyanyi, baik itu dalam paduan suara, bernyanyi sendiri, atau dalam sebuah tim olahraga. Ketiga kegiatan tersebut dikaitkan dengan meningkatnya kesejahteraan mental, namun yang paling tinggi adalah bernyanyi dalam paduan suara, dibandingkan bernyanyi sendirian.

Jajak pendapat juga mengungkapkan bahwa penyanyi paduan suara dianggap sebagai kelompok sosial yang lebih bermakna dibandingkan dengan bagaimana atelet melihat tim olahraga mereka.

Hasil penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan British Psychological Society di York, Inggris, tidak benar-benar menunjukkan hubungan sebab-akibat antara bernyanyi dalam paduan suara dan menjadi bahagia.

“Peneltiian menunjukkan bahwa bergabung dengan paduan suara bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata penulis penelitian Nick Stewart, dari Oxford Brookes University, mengatakan dalam sebuah rilis berita. “Namun, kita tahu sangat sedikit bagaimana kesejahteraan yang dibawa efek paduan suara.”

Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman dengan menggunakan suara dalam membuat musik dapat ditingkatkan ketika kita menjadi bagian dari kelompok sosial yang berpadu. Penelitian lebih lanjut bagaimana bergerak dan bernapas dalam konser dengan orang lain menjadi tanggung jawab untuk menciptakan efek kesejahteraan yang unik. (healthdaynews)