Find Us On Social Media :

Delapan Latihan Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

By Chatarina Komala, Jumat, 1 Agustus 2014 | 19:30 WIB

Delapan Latihan Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

Intisari-Online.com - Latihan kardio adalah salah satu bentuk olahraga yang paling umum dilakukan untuk menurunkan berat badan, juga menjaga badan tetap fit. Selain itu, latihan kardio ini begitu populer karena dinilai cukup efektif meningkatkan metabolisme serta denyut jantung-yang akhirnya berdampak pada proses penurunan berat badan. Berikut adalah delapan latihan kardio untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. (Baca juga: Olahraga Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

1. Jogging

Ini adalah latihan yang paling mudah, sebab tak mengharuskan Anda membeli peralatan khusus. Anda hanya perlu memotivasi diri untuk bangun pagi setiap hari atau menyediakan waktu khusus di siang hari untuk jogging. Manfaatnya, bukan hanya membantu membakar kalori tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa mencoba untuk jogging di medan berbukit atau berkontur kasar. 

2. Berenang

Selain menjadi salah satu hobi saat musim panas, berenang juga salah satu latihan kardio terbaik untuk menurunkan berat badan. Berenang dianggap mampu menurunkan berat badan dengan sangat cepat, terutama di bagian lengan dan tubuh bagian bawah.

3. Bersepeda

Jangan lupakan kemampuan bersepeda Anda. Hidupkan kembali kemampuan ini saat dewasa. Bersepeda teratur setiap hari dapat membentuk tubuh bagian bawah Anda dan menurunkan berat badan dengan cepat. 

4. Skipping

Skipping juga bisa jadi kegiatan menyenangkan yang membantu menurunkan berat badan. Menariknya, skipping dapat dilakukan di dalam atau luar ruangan sembari mendengarkan musik. Anda bisa mulai dengan 30 kali lompatan di awal, dan lebih banyak lagi secara bertahap. Kegiatan ini mampu menghancurkan lemak dan membantu penurunan berat badan secara keseluruhan. 

5. Kickboxing

Target kickboxing sendiri adalah membentuk otot-otot inti tubuh yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap penurunan berat badan secara keseluruhan. Kickboxing sebenarnya melibatkan banyak gerakan yang berbeda di setiap sesi, berlawanan dengan anggapan masyarakat yang melihat kickboxing hanya punya gerakan sama yang dilakukan selama berulang-ulang.   

6. Tenis