Find Us On Social Media :

Ditemukan Tulisan ‘Allah’ pada Pakaian 'Pemakaman' Bangsa Viking, Bukti Mereka Muslim?

By Ade Sulaeman, Kamis, 31 Mei 2018 | 09:00 WIB

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian terbaru telah memancing sebuah pembahasan yang menarik.

Sebab, penelitian tersebut memunculkan dugaan bahwa bangsa Viking, atau sebagian dari mereka, merupakan Muslim, alias penganut agama Islam.

Hal ini merujuk pada hasil temuan para arkeolog berupa adanya tulisan ‘Allah’ yang ditenun pada pakaian yang dikenakan oleh bangsa viking yang dikubur.

Penyelidikan terhadap pakaian yang diperkirakan berasal dari abad ke-9 atau ke-10 tersebut memunculkan dugaan-dugaan adanya hubungan antara bangsa Viking dan bangsa Arab.

Baca juga: Selain Diana, Ini 4 Putri Bangsawan Cantik yang Hidupnya Berakhir Tragis, Salah Satunya dari Indonesia

Para ahli menemukan bahwa pola yang dijahit pada pakaian yang digali di Swedia tersebut dibaca sebagai “Allah” dan “Ali”.

Salah satu dugaan yang kemudian akan memancing penelitian berikutnya adalah: seberapa besar pengaruh Islam di Skandinavia.

Seorang arkeolog tekstil, Annika Larsson dari Uppsala University mengatakan kepada BBC bahwa materi tersebut berasal dari Asia Tengah, Persia dan China.

Baca juga: Akhir Tragis Wanita Simpanan Mantan PM Malaysia, Dibunuh dan Jasadnya Diledakkan dengan Bom

Dia mengatakan bahwa desain geometris kecil pada pakaian itu sangat berbeda dengan pola Skandinavia.

Pola tersebut jauh lebih menyerupai naskah naskah Kufi Arab kuno.

Menurut Larsson, kemungkianan bahwa beberapa dari mereka yang berada di kuburan tersebut merupakan Muslim tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan.

“Kami tahu dari penggalian kuburan Viking lainnya bahwa beberapa orang yang dikuburkan di dalamnya berasal dari tempat-tempat seperti Persia, di mana Islam sangat dominan,” ujar Larsson.