Find Us On Social Media :

Jangan Heran Jika Harga Tiket Saat Check-In di Counter Bandara Bisa Berubah- Ubah, Ini Alasannya

By Agustinus Winardi, Jumat, 25 Mei 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Menjelang arus mudik--yang disusul arus balik--Lebaran selalu ditandai dengan tiket alat transportasi yang naik, khususnya untuk tiket pesawat terbang.

Tak terkecuali dengan mudik Lebaran tahun ini.

Dalam kondisi tertentu harga tiket pesawat memang sangat bervariatif.

Naik-turunnya harga tiket pesawat akan selalu tergantung musim, kondisi, dan ketentuan lain yang berlaku.

Tentang musim ada tiga jenis yaitu peak season, middle season, dan low season berdasarkan kepadatan penumpang per bulan berjalan setiap tahun.

Yang jelas makin lama seseorang pesan tiket pesawat terbang harganya akan makin murah. Untuk penerbangan internasional, misalnya, tiket harus dibeli untuk tiket keberangkatan dan kepulangan sekaligus (PP).

Baca juga: Berkelakar soal Bom, 2 Anggota DPRD Banyuwangi Diturunkan dari Pesawat

Ketentuan ini selain sebagai jaminan bahwa si calon penumpang mampu pulang juga sebagai jaminan andai penumpang pesawat bersangkutan ditolak masuk ke suatu negara karena masalah keimigrasian.

Sesuai ketentuan, bila ada penumpang ditolak masuk ke suatu negara maka beban akan ditanggung perusahaan yang membawa penumpang tersebut.

Oleh karena itu demi mengantisipasi penumpang yang ditolak masuk ke suatu negara, membeli tiket penerbangan luar negeri harus merupakan tiket PP.

Terkait harga tiket itu sendiri memang sangat bervariasi dan kadang berbeda satu sama lainnya.

Bahkan ada juga tiket pesawat yang berstatus gratis dengan kode FOC (Free Of Charge).

Tapi jangan diartikan si penumpang pesawat tidak akan keluar uang sepeser pun karena masih wajib mengeluarkan uang untuk keperluan administrasi.