Find Us On Social Media :

Keren! Bandara Juanda Surabaya Kalahkan Bandara Changi dalam Hal Ketepatan Waktu

By intisari-online, Jumat, 18 Mei 2018 | 15:37 WIB

Intisari-online.com - Bandara Internasional Juanda Surabaya, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero), berhasil meraih status sebagai bandara paling tepat waktu selama bulan April 2018 di antara bandara-bandara Asia Tenggara lainnya dengan jumlah trafik di atas 1.000 penerbangan selama satu bulan, mengalahkan Bandara Internasional Changi Singapura.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil riset independen yang dilakukan oleh lembaga analis perjalanan udara terkemuka asal Inggris, OAG, melalui laporan OAG Flightview Monthly OTP Report April 2018.

Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatatkan diri sebagai bandara paling tepat waktu di Asia Tenggara selama bulan April 2018 dengan tingkat on-time performance (OTP) 95.5%.

Tingkat OTP Bandara Juanda Surabaya ini jauh lebih tinggi dibandingkan tingkat OTP Bandara Changi Singapura yaitu 87.1%.

BACA JUGA: Fandy Christian Diamankan Petugas Bandara: 8 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Pesawat

Selain itu, di posisi kedua terdapat Bandara Supadio Pontianak yang meraih tingkat OTP sebesar 90.2% dan posisi ketiga dicapai oleh Samui Airport Thailand dengan tingkat OTP 88.9%.

Posisi keempat terdapat Bandara Siem Reap Kamboja dengan tingkat OTP 88.2%, dan posisi kelima diduduki oleh Bandara Internasional Lombok Praya yang juga dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dengan tingkat OTP 88%.

Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat dua bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang masuk dalam lima besar bandara di Asia Tenggara dengan tingkat OTP tertinggi.

On-time performance merupakan salah satu tolok ukur layanan terpenting di industri penerbangan secara global."

"Hasil riset independen yang dilakukan oleh OAG pada bulan April lalu merupakan bukti keberhasilan Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Lombok dalam mendukung kegiatan operasional maskapai yang efektif dan tepat waktu."

"Pengakuan internasional ini tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh stakeholder seperti maskapai, AirNav, TNI AL, groundhandling service provider, dan penumpang."

"Kami senantiasa akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder guna memastikan kegiatan operasional yang aman, efektif serta memberikan pengalaman terbaik kepada penumpang, mulai saat tiba di bandara, bersantai menunggu penerbangan di boarding loungesampai menaiki pesawat,” demikian ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (persero) Faik Fahmi.

Secara global, peringkat Bandara Internasional Juanda, Surabaya masuk dalam peringkat Top 100 Global Airport Performance OTP, menduduki peringkat ke-29.