Find Us On Social Media :

kawalmenteri.org dan kabinetrakyat.org, Tempat Masyarakat Ajukan Calon Menteri di Kabinet Jokowi-JK

By Ade Sulaeman, Jumat, 15 Agustus 2014 | 14:00 WIB

kawalmenteri.org dan kabinetrakyat.org, Tempat Masyarakat Ajukan Calon Menteri di Kabinet Jokowi-JK

Intisari-Online.com - Meski masih menunggu keputusan MK, perbincangan tentang siapa calon menteri di kabinet Jokowi-JK mulai sering dibicarakan. Nah, untuk menampung aspirasi masyarakat mengajukan calon menteri di kabinet Jokowi-JK versi rakyat, relawan Jokowi membuat situs kawalmenteri.org dan kabinetrakyat.org.

Selain untuk menampung aspirasi warga tentang siapa calon menteri versi mereka, baik kabinetrakyat.org maupun kawalmenteri.org sama-sama bertujuan menjadi tempat warga menguji dan menyampaikan penilaian mereka terhadap para bakal calon menteri.

Para kandidat hadir dari berbagai kalangan, mulai dari mereka yang berafiliasi dengan partai, akademisi, profesional bahkan ada juga para figur publik seperti para artis.

“Kandidat menteri www.kabinetrakyat.org jika dilihat dari afiliasinya menghasilkan komposisi 71 akademisi atau profesional dan 51 orang yang berafiliasi dengan partai politik,” tutur Doni Hutabarat salah seorang Admin kabinetrakyat.org.

Sementara kawalmenteri.org, dalam keterangan yang termuat di situsnya, menyatakan mereka berupaya memfasilitasi sebuah sistem demokrasi yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Dengan cara ini, diharapkan pendapat dan penilaian publik tentang para bakal calon menteri dapat disampaikan langsung.

Sayangnya, harapan masyarakat mengajukan calon menteri di kabinet Jokowi-JK di kawalmenteri.org belum dapat dilakukan karena pihak administrator masih memasukan master data kementertian beseta para kandidatnya. Penilaian dan komentar baru dapat masuk per tanggal 17 Agustus 2014.

Sementara kabinetrakyat.org, dikarenakan muncul lebih dulu, sudah bisa memberikan gambaran siapa saja calon menteri di kabinet Jokowi-JK yang diusulkan rakyat. Berikut data yang dihimpun pada 15 Agustus pukul 11.00 WIB:

1. Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan

2. Menkokesra Tri Rismaharini

3. Menko Perekonomian Faisal Basri

4. Mendagri Basuki Tjahaja Purnama

5. Menlu Hikmahanto Juwana