Find Us On Social Media :

10 Hal Tak Terpikir yang Merusak Tidur

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 1 Januari 2014 | 20:00 WIB

10 Hal Tak Terpikir yang Merusak Tidur

Intisari-Online.com - Sebagian dari kita mungkin sudah tahu, terlalu banyak nonton TV atau menggunakan komputer ketika hendak tidur, adalah perusak tidur yang paling handal. Termasuk juga olahraga malam. Meski demikian, banyak dari kita yang belum tahu beberapa hal di luar perkiraan kita, yang kadang kita anggap biasa-biasa saja, bisa juga menghancurkan tidur malam kita.

Apa saja?

  1. Pola makan yang tak konsisten

Seperti yang dilansir oleh Huffington Post, sebuah studi menunjukkan kebiasaan makan yang tidak konsisten menyebabkan negatif buat tidur, terutama di kemudian hari.

  1. Mulut berbau mint

Sepertinya tidak banyak yang tahu perihal ini. Aroma peppermint yang banyak kita jumpai di pasta gigi ternyata mampu merangsang otak, sehingga membuat kita lebih terjaga. Sebagai alternatif, cobalah rasa strawbery atau rasa yang lain.

  1. Terlalu menyukai buku bagus

Kebanyakan, buku yang bagus adalah buku dengan pembahasan yang relatif “berat”. Mungkin menyenangkan secara intelektual, tapi para peneliti menyarankan kita untuk membaca buku yang ringan sebelum tidur.

  1. Merokok sebelum tidur

Banyak yang beranggapan, merokok dapat menenangkan saraf dan membantu kita tidur lebih cepat. Sayangnya, nikotan bukan hanya depresan, tapi ia juga stimulan yang terus merangsang otak kita bekerja.

  1. Mencuci wajah dengan air dingin

Mencuci dengan air dingin memang bagus untuk mengunci pori-pori. Tapi ia juga merangsang tubuh untuk melepaskan energi agar tetap hangat. Dan itu menjadikan kita tetap terjaga. Solusinya, cobalah untuk cuci muka dengan air hangat.

  1. Mengisi ulang bateri gadget di malam hari

Jangan anggap enteng men-charge gadget di malam hari. Lampu indikatornya yang kelap-kelip dianggap cukup mampu mengganggu tidur kita dari nyenyak.

  1. Suhu terlalu hangat

Berpelukan dengan pasangan supaya mendapat suhu badan yang hangat sepertinya mengenakkan. Tapi, perlu diperhatikan juga bahwa peningkatan suhu tubuh mampu mengganggu tidur kita.

  1. Terlalu mencintai lemon

Aroma lemon—dan jenis jeruk lainnya—dapat meningkatkan stimulasi mental juga energi. Ini seharusnya dihindari saat kita menginginkan tidur yang pulas dan sehat. Ingat juga, aroma melon pada sprei juga dianjurkan untuk dijauhkan.

  1. Minum pil tidur

Meminum pil tidur mungkin akan membuat kita tidur dengan cepat. Tapi coba obrolkan dengan dokter Anda, karena beberapa kandungan yang ada di dalamnya, seperti steroid berpotensi merusak tidur Anda.

  1. Terlalu banyak nonton TV

Menurut survey, warga Amerika yang mengaku kurang tidur mengaku disebabkan karena terlalu banyak menonton tayangan di televisi. Data yang berhasil dihimpun oleh Huffington Post, 68 persen warga Amerika melihat TV lebih dari 55 menit dalam kurun 2 jam menjelang tidur mereka.